Penderita Diabetes Lebih Rentan TBC, Ayo Tes!

Ilustrasi pengecekan diabetes.
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA – Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah berisiko mengalami berbagai jenis infeksi, salah satunya infeksi tuberculosis atau TBC. Kini TBC disebut dengan TB saja untuk menghilangkan stigma negatif.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Sedangkan diabetes adalah salah satu penyakit yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Penderita diabetes biasanya memiliki daya tahan tubuh lebih rendah dibandingkan orang yang bukan penderita diabetes. Oleh karena itu, penderita diabetes rentan tertular TB.

TB dan diabetes ibarat telur dengan ayam. Diabetes dapat meningkatkan TB, sebaliknya TB dapat menyulitkan kontrol diabetes. Bahkan, obat-obatan TB diketahui dapat meningkatkan gula darah, satu hal yang menjadi musuh penderita diabetes.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Penelitian yang sudah dilakukan dari beberapa negara menunjukkan, 5-30 persen pasien TB juga penderita diabetes, dan diabetes juga terbukti sebagai faktor risiko berkembangnya TB. Penderita diabetes memiliki risiko tertular TB 3-4 kali lebih tinggi dibandingkan orang yang bukan penderita diabetes. TB pada penderita diabetes juga lebih rentan kambuh dan menyebabkan kematian. (ch)

BACA SELENGKAPNYA

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam
Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024