10 Barang Rumah Tangga yang Bisa Bahayakan Kesehatan

Sikat gigi pakai pasta gigi
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA – Teknologi memang memudahkan kehidupan kita sehari-hari. Tapi selain memudahkan, keberadaan teknologi juga bisa membahayakan jika tidak digunakan dengan tepat.

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Berikut ini adalah 10 benda rumah tangga yang bisa membahayakan kesehatan jika digunakan dengan cara yang salah, seperti dilansir dari Times of India.

1. Wadah makanan

Ngeri! Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan, Berisiko Kematian

Ada pemahaman yang salah bahwa semua wadah makanan bisa digunakan dalam microwave dan dipanaskan berkali-kali. Bahan kimia yang ada dalam wadah plastik ketika dipanaskan akan bersentuhan dengan makanan dan bisa mempengaruhi kadar testoteron dan estrogen, kondisi yang berkaitan dengan kanker. Selalu pilihlah wadah yang bertuliskan, 'aman untuk microwave' atau 'antipanas'.

2. Pasta gigi

10 Manfaat Minyak Kelapa yang Sering Dianggap Remeh, Singkirkan Lemak Membandel

Apakah Anda berpikir bahwa semakin banyak pasta gigi yang ditaruh di sikat gigi, semakin baik bagi kebersihan gigi? Ini adalah pemikiran yang keliru. Menurut para dokter gigi, pasta gigi seukuran kacang yang cukup untuk menyikat gigi selama dua menit. Sebaliknya, penggunaan pasta gigi yang banyak bisa menimbulkan masalah fluoride dan resesi gusi.

3. Pengikir kuku

Alih-alih menggunakan pengikir kuku untuk membentuk kuku dengan cara zig-zag yang bisa melemahkan lapisan bawah kuku dan menyebabkan kerusakan, pengikir kuku idealnya digunakan dari bagian luar ke tengah untuk menghindari kuku patah.

4. Lemari es

Tidak semua sayur dan buah harus disimpan di lemari es karena bisa merusak kesegarannya. Sebaiknya, pilih sayuran yang lebih cepat busuk untuk ditaruh di dalam lemari es. Pilihlah penyetelan kelembaban yang rendah sehingga kerusakan bisa terhindari.

5. Sisir

Seberapa sering Anda menyisir rambut? Tahukah Anda kalau semakin jarang Anda menyisir rambut, semakin baik untuk rambut karena bisa mengurangi rambut bercabang. Selain itu, Anda seharusnya menggunakan sisir dari bawah lalu ke atas untuk menghindari kusut.

6. Tisu

Ilustrasi Tisu Toilet

Saat pilek, banyak yang membuang ingus dengan meniup sangat kencang ke tisu, padahal cara ini bisa menyumbat saluran napas dan memicu infeksi sinus. Cara terbaik adalah dengan membersihkan satu per satu lubang hidung.

7. Spons dapur

Sanitasi dan membersihkan dengan seksama spons dapur sangatlah penting. Anda direkomendasikan untuk membersihkan spons setelah 2-3 kali penggunaan dengan merendamnya di dalam air panas, hal sama juga seharusnya dilakukan saat menggunakannya. Cara ini akan menghilangkan kuman yang bisa menempel pada peralatan makan saat menggunakan spons.

8. Deterjen

Banyak yang menganggap bahwa memasukkan lebih banyak deterjen bisa memutihkan dan membersihkan pakaian, tapi idealnya jumlah yang dimasukkan ke dalam mesin cuci harus sama dengan yang tertera di kemasan. Penggunaan terlalu banyak bisa melemahkan kain atau merusaknya.

9. Sikat gigi

Menyimpan sikat gigi di tempat yang gelap dan kering tidak akan membuatnya benar-benar kering, malah bisa berisiko terkena bakteri dan jamur yang sangat banyak di sudut gelap.

10. Mesin pembuat kopi

Jika Anda ingin menghindari infeksi dan penyakit dari mesin pembuat kopi, pastikan untuk membersihkan penyaring dan bagian lainnya setelah setiap pemakaian agar bakteri tidak tumbuh di sana. (tp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya