Sering Bengong Bikin Orang Lebih Produktif

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • unsplash.com

VIVA – Apakah Anda termasuk orang yang sering bengong? Nah, ada fakta tentang bengong yang mungkin belum Anda ketahui. Tak seperti yang diyakini masyarakat, ternyata bengong justru akan merangsang otak sehingga Anda pun lebih produktif.

Pesan Emil Dardak ke Anak Muda: Perkuat Skill Agar Tak Tertinggal Jauh

Dalam masyarakat, bengong bukanlah suatu kebiasaan yang patut dibanggakan. Banyak yang percaya bahwa kalau Anda bengong, bisa-bisa pikiran Anda nanti dikuasai oleh roh jahat.

Selain karena alasan mistis, bengong juga kerap dikaitkan dengan orang yang kurang kerjaan atau tidak produktif. Padahal, berbagai penelitian ilmiah yang dilakukan untuk mempelajari kondisi ini justru menguak bahwa ada banyak manfaat bengong.

Dari Kelas ke Pameran, Mahasiswa i3L Rayakan 10 Tahun Kampus

Sebuah penelitian di University of Oregon, Amerika Serikat membuktikan bahwa baik disadari maupun tidak, kebanyakan orang pikirannya akan melayang ke mana-mana hingga 50 persen dari waktu Anda seharian. Otak Anda bekerja dengan lebih santai dan bebas. Inilah mengapa bengong bisa membuat orang merasa nyaman dan jadi lupa diri.

Berikut tiga manfaat bengong yang jarang diketahui, menurut rilis yang diterima VIVA dari Hello Sehat, Selasa, 23 Oktober 2018.

Kampanye Seni Pertunjukan Cerita Dibalik Rasa Dorong Kreativitas Generasi Muda Indonesia

1. Meningkatkan produktivitas

Ternyata, bengong bisa meningkatkan kapasitas kognitif Anda. Sebuah eksperimen yang diprakarsai oleh Bar-Ilan University di Israel meminta peserta penelitian untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu di hadapan layar komputer.

Hasilnya, mereka yang mengerjakan pekerjaan tersebut sambil bengong beberapa kali kinerjanya justru lebih baik daripada mereka yang berkonsentrasi penuh. Ini berarti kebiasaan bengong justru membantu Anda bekerja dengan lebih efektif.

2. Memicu kreativitas

Mungkin Anda pernah mendapatkan ilham atau ide cemerlang setelah menghabiskan waktu di kamar mandi. Hal ini ternyata ada penjelasannya. Ketika Anda sedang melakukan tugas-tugas yang ringan dan tidak begitu membutuhkan konsentrasi tinggi seperti berkendara, berbincang-bincang, atau membaca buku, jaringan default-mode pun segera aktif.

Dalam kondisi ini, Anda pun jadi lebih tenang dan santai. Dengan begitu, Anda jadi bisa melihat suatu masalah dengan sudut pandang yang berbeda karena Anda tidak merasa terdesak atau tertekan. Anda pun jadi bisa mencari solusi kreatif terhadap persoalan tertentu, yang mungkin tak akan terpikir oleh Anda dalam keadaan sadar sepenuhnya.

3. Meningkatkan daya ingat

Saat bengong, otak sebenarnya sedang menyimpan berbagai informasi ke dalam memori jangka panjang. Hal ini tak bisa dilakukan oleh otak jika Anda disibukkan dengan berbagai kegiatan seperti bekerja, belajar atau berbicara dengan orang lain. Saat memasuki default-mode, gelombang elektrik dalam otak akan berkurang dan Anda memasuki saat-saat yang tenang. Inilah waktu yang tepat untuk menyimpan memori. Maka, biasanya orang yang sering bengong justru memiliki daya ingat yang lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya