Rutin Konsumsi Teh Hijau Bikin Awet Muda, Mitos atau Fakta?

Teh hijau
Sumber :
  • Pixabay/Lormes

VIVA – Khasiat teh hijau sudah terkenal sejak 4000 tahun silam. Bahkan, bangsa China kuno telah menggunakan teh hijau untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk mencegah kanker.

10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

Tak hanya itu, teh hijau juga dikenal ampuh membuat kulit wajah tampak awet muda. Berbicara soal teh, banyak negara di dunia yang memiliki kebiasaan atau tradisi mengonsumsi teh.

Lantas, bagaimana dengan konsumsi teh hijau? Berikut mitos dan faktanya berdasarkan paparan dari spesialis gizi klinik, dr. Diana Suganda dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Selasa, 23 Oktober 2018.

Tinggal di Sini 100 Hari Bisa Awet Muda

Menurutnya, mengonsumsi teh hijau bisa membuat awet muda. Sebab senyawa polifenol dalam teh hijau merupakan senyawa antioksidan tinggi yang dapat menurunkan kadar radikal bebas, yang dapat mengakibatkan penuaan dini.

"Jika rutin mengonsumsi teh hijau, bisa membuat kulit wajah awet muda," kata dia.

Dijuluki Vampirnya Indonesia karena Awet Muda, Ricky Harun: Makan Darah Suci

Selain bisa membuat awet muda, teh hijau juga membantu penglihatan pada penderita glukoma. Itu karena teh hijau bisa membantu penyerapan zat-zat baik untuk sel di mata seperti vitamin C.

Sementara soal teh hijau yang bisa menyebabkan batu ginjal, menurut Diana, itu mitos. "Justru konsumsi teh hijau dalam jumlah cukup, bisa sebabkan batu ginjal berkurang," kata dia.

Karena itu, dia menyarankan pasien batu ginjal untuk mengonsumsi teh hijau sebanyak 3-4 cangkir per hari. Nah agar konsumsi teh hijau bisa lebih bermanfaat, pastikan konsumsi dalam jumlah tepat maksimal lima cangkir, sehingga tidak melebihi kebutuhan kafein dalam sehari.

Dia menjelaskan bahwa efek terbaik teh hijau didapat jika dikonsumsi tanpa gula. Jika tidak terbiasa dengan rasa pahit, bisa menambahkan gula pasir sebanyak setengah sendok teh. Dan sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk utuh yaitu daun, karena kandungan polifenolnya masih sangat tinggi.

"Jika ingin lebih praktis, bisa gunakan teh celup tapi jangan direndam melebihi 3 menit," ucapnya. (aw)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya