Waspada, Semua Orang Berisiko Kena Diabetes

Ilustrasi pengecekan diabetes.
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA – Salah satu faktor risiko diabetes adalah genetik. Tapi, tahukah Anda bahwa tidak ada satu orang pun di Indonesia yang bebas dari gen diabetes.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Ahli Endokrin dr. Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, Ph.D mengatakan, diabetes adalah multigenetik, yakni ada jika terjadi kombinasi gen tertentu maka diabetes itu akan muncul.

"Ini disebut spider web genetics of diabetes. Kalau bapaknya diabetes, ibunya tidak diabetes, lalu anaknya menikah dengan orang yang bapak dan ibunya diabetes, maka keturunannya akan mendapat diabetes," kata Dante di Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM, Jakarta, Rabu 24 Oktober 2018.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Dia menjelaskan, faktor pernikahan sangat erat dengan faktor genetik diabetes. Akibatnya, angka diabetes karena keturunan lebih tinggi dibanding pada masa nenek-kakek dahulu.

Itulah sebabnya, Dante mengingatkan, pentingnya melakukan deteksi dini pada kelompok risiko yang secara genetik kuat. Semakin turun derajat keturunannya, maka semakin tinggi risikonya.

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

Selain faktor genetik, berdasarkan survei, faktor etnis juga berpengaruh pada risiko diabetes seseorang. Di Indonesia, etnis Manado memiliki risiko tinggi terkena diabetes. Karena itu, angka diabetes di Manado, Gorontalo, dan Ternate paling besar di Indonesia. (aw)

Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024