Berendam Air Hangat Bisa Sembuhkan Depresi?

Ilustrasi Bathtub
Sumber :
  • Pixabay/ErikaWittlieb

VIVA – Selama ini banyak penelitian menyebut bahwa olahraga mampu menenangkan depresi. Namun studi terbaru mengklaim bahwa mandi dan berendam di air panas jauh lebih efektif untuk menenangkan depresi.

Ini Ritual Nikita Mirzani Usai Keluar dari Penjara

Para ilmuwan sekarang percaya bahwa mandi air hangat dapat membantu mengembalikan ritme suhu alami tubuh, yang dapat terganggu pada orang yang hidup dengan depresi. Memang betul bahwa olahraga baik bagi kesehatan dan suasana hati, tapi penelitian ini menyebut bahwa mandi air hangat secara teratur mungkin lebih efektif dibanding pergi ke gym.

Seperti diketahui, depresi dapat membuat orang benar-benar tidak punya semangat hidup dan tidak dapat berolahraga. Jadi ini benar-benar berita positif bagi siapa saja yang merasa kesulitan olahraga. Para ahli dari Universitas Freiburg di Jerman menguji efek mandi air panas pada 45 orang dengan depresi.

Depresi, Pria Muda Bunuh Diri Loncat dari Lantai 8 Apartemen

"Pemandian Hyperthermic tampaknya menjadi metode yang cepat, aman dan mudah diakses. Bahkan setelah diuji coba, orang dengan masalah depresi mengalami perbaikan secara klinis setelah dua minggu," kata mereka.

Para peserta memiliki usia rata-rata 48 tahun dan mengalami depresi sedang hingga berat. Tingkat depresi mereka dinilai menggunakan Hamilton Depression Rating Scale (HAM-D). Skor 19 atau lebih tinggi dianggap sebagai depresi "berat"; skor rata-rata studi adalah 21,7.

Supaya Lebih Gembira, Ibu di Inggris Ubah Nama dan Gaya Jadi Unicorn

Mereka secara acak pun ditugaskan untuk menikmati dua tempat pemandian air hangat selama satu pekan. Atau diminta menjalani dua sesi latihan moderat seminggu sebelum depresi mereka dites kembali. Mereka yang rutin menikmati berendam atau mandi air hangat menunjukkan penurunan tingkat depresi rata-rata enam poin dalam dua minggu, sementara kelompok olahraga hanya turun tiga kali.

Jadi mengapa sebenarnya mandi atau berendam air hangat begitu efektif ?

Yah, itu mungkin karena ritme sirkadian kita. Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa mandi air hangat sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur lebih baik karena membuka pembuluh darah di kulit,  memungkinkan tubuh kita untuk menyingkirkan kelebihan panas.

Jadi satu jawaban yang mungkin adalah bahwa orang-orang dalam kelompok mandi air hangat mungkin telah melihat peningkatan kualitas tidur mereka. Saat depresi berkurang tidur jadi lebih nyenyak. Dan seperti diketahui, depresi sangat berdampak buruk terhadap kualitas tidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya