Mobil Mammografi, Cara Efektif Deteksi Kanker Payudara

Ilustrasi kanker payudara.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Deteksi dini pada kanker payudara sangat penting dan ampuh mencegahnya ke stadium lanjut. Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) melakukan upaya pencegahan dini kanker payudara stadium lanjut, dengan sosialisasi deteksi dini ke beberapa daerah serta pengoperasian unit mobil mammografi, bekerjasama dengan RSK Dharmais yang membutuhkan biaya tinggi.

Jangan Salah, Begini Cara Pilih Pengobatan yang Tepat untuk Kanker

"Sejak 2015 hingga Agustus 2018 kami telah melakukan pemeriksaan mammografi sebanyak 10.544, di mana  1.565 orang di antaranya mengalami tumor jinak dan 152 orang dicurigai ganas," ujar Linda Agum Gumelar, Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia di Jakarta.

Berdasarkan data dari Globacan 2018, dikatakan Linda, angka kejadian kanker payudara pada perempuan di Indonesia yang didiagnosa kanker adalah yang paling tinggi (sekitar 42,1 persen). 

Ini Jenis Kanker yang Paling Bisa Dicegah dan Disembuhkan

"Angka kematian karena kanker payudara juga cukup tinggi di Indonesia. Hal ini terjadi karena pasien pada umumnya datang memeriksakan diri ke dokter hampir 70 persen sudah dalam stadium lanjut," ujar Linda lagi.

Lebih lanjut Linda mengingatkan pentingnya deteksi dini kanker payudara melalui SADARI dan SADANIS. Dijelaskannya bahwa pengobatan penyakit mematikan yang juga bisa menyerang anak muda dan laki-laki ini memang tidak murah.

Hari Kanker Sedunia, Awas 4 Jenis Kanker Ini Mengintai

YKPI juga menjalankan program pelatihan pendampingan pasien kanker payudara dan mendirikan rumah singgah di Jalan Anggrek Nely Murni No. A38, Slipi, Jakarta, untuk membantu meringankan beban para penderita kanker payudara selama melakukan pengobatan di Jakarta. 

Sebagai tambahan informasi, untuk ketiga kalinya Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) menyelenggarakan Temu Penyintas Kanker Payudara se Indonesia. Acara tahunan kali ini akan dihadiri sekitar 450 penyintas dengan tema Motivasi Yang Kuat Membantu Upaya Menjalani Pengobatan Kanker Payudara–Kamu Bisa, Kita Bisa!, di Hotel Kartika Chandra, Jakarta.

Pendiri sekaligus Ketua YKPI Linda Agum Gumelar mengatakan pemilihan tema tersebut dirasakan perlu untuk membangun motivasi para penyintas kanker payudara melalui masa–masa sulit sekaligus membangun kualitas hidup para penyintas. Oleh karenanya nanti ada sesi membangun motivasi oleh motivator James Gwee, testimoni penyintas yang menginspirasi selain sharing info seputar kanker payudara dan limfadema oleh dr. Walta Gautama dari RS Kanker Dharmasi.

"Diharapkan pertemuan ini bisa menjadi ajang saling memotivasi untuk lalui masa-masa sulit pengobatan kanker payudara," kata dia.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya