Ini Etnis Indonesia Paling Berisiko Diabetes

Ilustrasi pengecekan diabetes.
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA – Diabetes melitus tipe 1 maupun 2, adalah penyakit yang kerap dikaitkan dengan faktor genetik. Ketika seseorang terlahir dari salah satu atau kedua orangtua diabetes, dia pun berisiko lebih besar memiliki diabetes. Pengaruh gen ini diyakini lebih kuat untuk diabetes tipe 1 dibandingkan tipe 2. Diabetes tipe 2, lebih banyak dipengaruhi oleh faktor gaya hidup. Benarkah?

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Sebuah penelitian yang dilakukan dr. Valeriya Lyssenko dan dimuat dalam care.diabetesjournals.org, menyatakan bahwa diabetes tipe 2 merupakan kondisi yang sangat kompleks, menghasilkan interaksi multigenetik dan lingkungan.

Beberapa faktor risiko diabetes tipe 2 yang sudah diketahui adalah usia, kegemukan atau obesitas, lemak perut (kegemukan sentral), kurang aktivitas fisik, merokok, diet rendah serat dan tinggi kalori, termasuk juga etnis, dan riwayat keluarga dengan diabetes.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Jadi memang benar jika etnis dan gen ini berpengaruh menghadirkan diabetes. Sebagai negara yang memiliki 260 juta penduduk dan sekitar 10 juta di antaranya adalah penderita diabetes, kira-kira etnis mana yang paling berisiko di Indonesia?

BACA SELENGKAPNYA

Glaukoma Lebih Berbahaya Daripada Katarak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024