Perempuan Perokok Lebih Berisiko Idap Penyakit Jantung

Ilustrasi wanita merokok
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Penyakit jantung menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi setiap orang. American Heart Association, mengatakan penyakit jantung adalah pembunuh No 1 di AS dari tahun 1984 hingga saat ini.

Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Yang memprihatinkan angka kematian akibat penyakit jantung lebih banyak diderita oleh wanita dibandingkan dengan laki-laki. Dan sebesar 64 persen wanita tidak menyadari bahwa mereka memiliki penyakit jantung hingga mengalami serangan jantung.

"Setiap 80 detik satu perempuan meninggal karena penyakit jantung dan penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu pada perempuan," kata dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr. Vito A. Damay, Sp.JP(K), M.Kes, FIHA, FICA kepada VIVA saat ditemui di Studio Gallery One Kuningan Jakarta Selatan, Senin 29 Oktober 2018.

Sempat Kena Serangan Jantung, Putra LeBron James Masuk Draf NBA Musim Ini

Dokter yang merupakan host dalam program Ayo Hidup Sehat tvOne ini pun menjelaskan perempuan yang aktif merokok rentan mengalami serangan jantung.

penyakit jantung

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

"Ada penelitian kalau perempuan dan pria merokok, perempuan itu memiliki risiko penyakit jantung 2 hingga 4 kali lebih besar dibanding pria," lanjut dia.

Selain itu perempuan dengan berat badan berlebih atau obesitas pun rentan dengan penyakit ini. Ia juga mengungkapkan pentingnya melakukan pencegahan mulai dari rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari sesuai dengan saran World Heart Amerika. Selain itu mengatur pola makan hingga melakukan deteksi dini kolesterol, hingga hipertensi.

"Deteksi dini kolesterol dan hipertensi, banyak yang bilang bahwa masalah ini dialami pria padahal enggak. Kedua faktor ini masuk dalam lima faktor penyebab penyakit serangan jantung," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya