Pakai Lensa Kontak, Ini 6 Tips Aman Merawatnya

Wanita dengan lensa kontak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Memakai lensa kontak bisa berfungsi sebagai pengganti dari kacamata untuk membantu penglihatan. Bahkan, warna lensa kontak yang beragam membuat pemakainya nampak semakin menarik.

Infeksi hingga Kebutaan, Ini 8 Bahaya Tidur Menggunakan Lensa Kontak

Lensa kontak sendiri dapat membuat lapang pandang lebih luas dibanding kacamata. Tak hanya itu, keuntungan lensa kontak bisa memicu produktfivitas untuk lebih aktif bergerak.

Hanya saja, pemakaian lensa kontak yang tidak tepat bisa membuat mata merah hingga infeksi. Untuk itu, berikut beberapa cara ampuh merawat mata dengan memakai lensa kontak berdasarkan paparan spesialis mata dr.Rina La Distia Nora. SpM(K), PhD dalam acara Philips MyCare LED di kawasan Menteng, Jakarta.

Tidur Pakai Lensa Kontak, Mata Pria Ini Rusak Dirobek Bakteri Pemakan Daging

1. Rub atau gosok

Ketika membersihkan lensa kontak, sebaiknya sedikit digosok dengan telapak tangan yang sudah dicuci bersih sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk membersihkan protein dan kuman yang menempel di lensa kontak.

Viral Wanita Pakai Air Liur untuk Basahi Soft Lens

2. Rinse atau cuci

Selalu cuci lensa kontak dengan cairan pembersih khusus lensa kontak. Jangan pernah mencucinya dengan air dari keran.

3. Replace atau ganti

Ganti tempat lensa kontak setidaknya setiap tiga bulan

4. Rest atau istirahat

Sebaiknya sesekali istirahatkan mata dari lensa kontak dengan tidak mengenakannya beberapa saat. Hindari juga tidur dengan menggunakan lensa kontak.

5. Renew atau perbarui

Selalu perbarui lensa kontak sesuai dengan rekomendasi di kemasan. Jangan mengenakan lensa kontak yang sudah melewati tanggal kedaluwarsanya.

6. Reserve atau teratur

Selalu kontrol teratur kesehatan mata Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa pemakaian lensa kontak masih aman untuk dikenakan.(tp)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya