4 Jenis Bantuan Jadi Prioritas untuk Palu dan Donggala

Pekerja memperbaiki ruangan yang rusak akibat gempa di Bandara Mutiara SIS Al Jufri Palu, Sulawesi Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

VIVA – Bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, tentunya membutuhkan banyak uluran tangan, baik dari dalam maupun luar negeri. Pemerintah menentukan empat jenis bantuan yang menjadi prioritas.

Kebut Pembangunan Pasca Gempa-Tsunami di Sulteng, Lebih 5 Ribu Huntap Disiapkan

Tawaran bantuan luar negeri untuk korban gempa bumi dan tsunami di Sulteng, terbilang banyak. Keempat jenis prioritas bantuan itu adalah angkutan udara/pesawat Hercules C-130 atau sejenisnya, tenda/shelter kits, water treatment devices, dan generator pembangkit listrik.

Sebelumnya, pada 9 Oktober 2018, Kementerian Luar Negeri telah menyatakan membuka bantuan asing dalam rangka penanganan bencana di Sulteng, secara selektif dan terkoordinasi, demikian dikutip dari siaran pers Kementerian Kesehatan yang diterima VIVA, Rabu 31 Oktober 2018. 

Tolong! Masih Banyak Korban Gempa Palu di Penampungan Dihantui Corona

Bagi organisasi luar negeri yang akan memberikan bantuan, perlu mengirimkan surat penawaran bantuan dan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan kementerian/lembaga terkait.

Sehubungan dengan hal itu, tanggapan terhadap bantuan luar negeri yang terkait Kementerian Kesehatan (Kemenkes) atau permintaan bantuan dari Kemenkes kepada mitra asing, agar dapat dilakukan melalui Biro Kerja Sama Luar Negeri (BKLN).

WNI dari Wuhan di Natuna DIberi Trauma dan Political Healing

Selanjutnya BKLN melakukan koordinasi dengan Pusat Krisis Kesehatan selaku koordinator cluster kesehatan dalam penanganan bencana ini.

Penawaran atau permintaan bantuan luar negeri dilengkapi dengan data-data yang dibutuhkan meliputi jenis dan durasi bantuan yang akan diberikan, perincian program atau kegiatan bantuan jangka pendek (tiga bulan), menengah (enam bulan), dan panjang (12 bulan).

Pemerintah Republik Indonesia mengapresiasi setinggi-tingginya atas tawaran bantuan dari luar negeri yang telah disampaikan secara tertulis atau melalui komunikasi verbal dengan para pimpinan nasional. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya