Pakai Obat Tetes Mata Dalam Waktu Lama, Ini Bahayanya

Obat Tetes Mata
Sumber :
  • Pixabay/Esudroff

VIVA – Masyarakat sudah tak awam lagi dengan penggunaan obat tetes mata untuk membuat kondisi mata menjadi lebih baik. Tak sedikit juga kondisi mata kering yang akhirnya kembali membaik dengan pemakaian obat tetes mata tersebut.

Puasa Ramadhan Bisa Batal Hanya Karena Obat Tetes Mata? Buya Yahya Bilang Begini

Tetapi, obat tetes mata tak melulu memberikan manfaat baik. Apalagi jika digunakan dalam waktu terlalu lama.

"Fungsinya kan untuk mengecilkan pembuluh darah pada mata. Apabila obat tetes mata dipakai dalam jangka panjang, otot mata malah melebar terus menerus," ujar spesialis mata, dr Rina La Distia Nora. SpM(K), PhD, ditemui di kawasan Menteng, Jakarta.

Waspada, Tanda-tanda Ini Ternyata Gejala Awal Penyakit Glaukoma

Menurutnya, saat pembuluh darah mata mengecil, mata bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Namun, ketika otot mata cenderung melebar terus menerus, bisa memicu bahaya pada fungsi penglihatan mata.

"Obat tetes mata yang dipakai terus menerus bisa memicu mata menjadi merah. Kalau dibiarkan lagi bisa memicu bahaya lain," ujarnya.

Indonesia Peringkat 3 dengan Jumlah Gangguan Penglihatan Terbanyak di Dunia

Maka dari itu, dokter Rina menegaskan agar pemakaian obat tetes mata bisa dipakai sesuai kegunaannya saja dan tidak sembarangan digunakan. Terlebih, pemakaiannya ada batas waktu yang perlu dipahami oleh masyàrakat.

"Obat tetes mata itu baik dipakai di awal yaitu mulai dari 3 hari pertama sampai satu minggu. Selebihnya, hentikan pemakaian dan konsultasi ke dokter,” ujarnya.

ilustrasi kelopak mata

7 Warna Bola Mata Paling Langka di Dunia, Hanya 2 Persen Populasi yang Punya

Mata salah satu indera manusia yang memiliki fungsi penglihatan. Mata digunakan sebagai melihat objek yang jauh maupun yang dekat

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024