Begini Penanganan Nyeri Pinggang yang Tepat

Ilustrasi low back pain/nyeri pinggang belakang/sakit pinggang.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Sakit pinggang menjadi masalah kesehatan umum yang sering dialami. Hal ini seiring dengan ketidakseimbangan gaya hidup dan aktivitas fisik seseorang.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Berbagai cara pun dilakukan oleh orang untuk dapat meringankan nyeri pinggang, salah satunya adalah minum beberapa jenis obat, seperti obat yang mengandung paracetamol hingga asam afemanat.

Namun, sebenarnya cara paling ampuh untuk meringankan nyeri pinggang adalah dengan melakukan aktivitas olahraga.

Alami Nyeri Pinggang dan Kesemutan Saat Mudik? Coba Pijat di Beberapa Titik Vital Ini

"Tujuan olahraga itu kan untuk memperkuat otot punggung dan kedua untuk relaksasi otot punggung. Memang kelemahannya di minggu pertama, nyeri akan bertambah karena belum terlatih, belum kuat. Tetapi setelah bulan kedua sudah enak," kata spesialis Bedah Saraf, Brain & Spine Bunda Neuro Center, Dr. dr. Wawan Mulyawan, SpBS (K), SpKP di RS Bunda Menteng Jakarta saat ditemui VIVA baru-baru ini.

Aktivitas yang bisa dipilih adalah berenang dan jalan cepat. Pertama adalah jalan cepat jika dihitung dengan kecepatan treadmill kecepatannya mencapai 5 hingga 6 kilometer/jam. Tetapi penting untuk mengatur temponya, yakni dari pelan ke cepat.

Kolaborasi Akuatik Indonesia dengan Komunitas Renang Indonesia di Festival OWS Bali

Untuk durasi waktunya sendiri, jalan cepat bisa dilakukan total selama 150 menit atau tiga kali dalam seminggu.

Sementara olahraga renang, kata dia, akan melatih otot menjadi ringan. Hal ini karena saat berenang beban tulang terhadap bobot tubuh menjadi ringan karena sebagian besar ditopang di dalam air.

"Untuk renang sendiri baiknya setengah jam. Kalau sampai satu jam akan menimbulkan kelelahan dan memancing nyeri baru," ujarnya.

Sama seperti berjalan cepat, renang pun juga ada aturannya, yang mana menggunakan gaya bebas atau gaya katak, serta melakukan proses pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berenang.

"Kalau enggak, nanti pas renang akan kaku dan malah nyeri lagi karena ototnya." 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya