Buah Ciplukan Bisa Atasi Asam Urat, Mitos atau Fakta?

Buah Ciplukan
Sumber :
  • Intagram/@Andika Hermawan

VIVA – Jika mendengar buah ciplukan, pasti yang terbayang adalah tanaman liar yang tak banyak bermanfaat. Buah dengan nama latin Physalis angulata ini memiliki ciri khas yaitu  buahnya terbungkus daun tipis, buah ini memiliki warna hijau-kuning dengan bentuk yang bulat. 

6 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

Buah ini memang dikenal sebagai tanaman liar, tak punya nilai jual, dan dianggap gulma. Tapi, buah ini sekarang justru banyak dibicarakan karena ternyata memiliki manfaat sehat yang banyak.

Mulai dari akar hingga buahnya, ciplukan disebut punya segudang manfaat. Buah dengan citarasa asam manis dan menyegarkan ini pun banyak dibudidayakan oleh masyarakat.

Jalan Kaki Jadi Olahraga Terbaik bagi Penderita Asam Urat, Lakukan 30 Menit Sehari

Umumnya orang mengonsumsi buah ciplukan dengan dimakan langsung, meski ada juga yang dibuat jus, salad, hingga puding untuk makanan penutup. Buah Ciplukan diyakini sebagian masyarakat dapat mengatasi berbagai penyakit, di antaranya hepatitis, sakit tenggorokan, sakit perut, malaria, asma, ginjal, kandung kemih, penyakit kuning, asam urat, dan demam. 

Benarkah demikian? Temukan jawabannya di program Ayo Hidup Sehat di tvOne pukul 13.00-14.00 bersama dr Novita Mawar Hadini, Sp.FK dengan pembawa acara dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan Dita Fakhrana.

Asam Urat Tinggi Berisiko Dua Kali Lipat Kena Jantung Koroner, Benarkah?

Jika Anda tak sempat menyaksikannya di layar kaca, AHS dapat ANda saksikan di laman ini.

Ilustrasi kaki/kesemutan/varises/ asam urat

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Asam urat adalah kondisi medis yang terjadi ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau tidak dapat mengeluarkannya dengan baik sehingga berdampak buruk.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024