Sering Merasa Cepat Kenyang? Waspada Kanker Lambung

Ilustrasi menunda makan atau puasa
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kanker lambung menjadi salah satu kanker yang perlu diwaspadai. Menurut American Cancer Society, wanita memiliki peluang kanker lambung 1 dibanding 154 wanita.

Cuaca Dingin Bikin Cepat Lapar, dr. Zaidul Akbar Berikan Tips Kenyang Tahan Lama

Dilansir dari laman Women's Health, banyak pengidapnya yang mendapatkan kanker tersebut tanpa merasakan gejala apa pun, bahkan tanpa merasakan masalah lambung sekali pun. Untuk itu, berikut beberapa gejala awal dari kanker lambung dan jika terdapat beberapa gejala kombinasi ini, sebaiknya segera periksa ke dokter.

1. Tinja berdarah

Potret Transformasi Dewi Hughes, Sukses Turunkan Berat Badan 90 kg

Ini menjadi salah satu tanda tubuh alami kanker lambung, tetapi juga dikaitkan dengan beragam penyakit lain yang bukan kanker. Dikatakan spesialis onkologis gastrointestinal, Allyson Ocean, darah dari kanker lambung cenderung berkaitan dengan peradangan dari jenis kanker lain.

2. Sakit lambung berkala

Jangan Konsumsi Garam Berlebih, Ini 7 Dampak Bahayanya

Allyson mengatakan bahwa pasien kanker lambung cenderung mengeluhkan nyeri perut, yakni nyeri epigastric, yang berlokasi di bagian bawah kanan tulang iga dan itu menjadi tanda kanker lambung. Terlebih jika nyeri yang dirasakan cenderung sering, disarankan segera konsultasi ke dokter.

3. Tidak nafsu makan

Kehilangan nafsu makan perlu diobservasi, terlebih jika Anda sebelumnya merasa memiliki nafsu makan yang baik. Meski ini menjadi tanda adanya peradangan usus, namun kondisi tersebut juga berpeluang besar memicu kanker lambung.

4. Timbul heartburn

Heartburn atau rasa dada terbakar menjadi tanda kanker mau pun jenis penyakit lainnya. Rasa dada terbakar menjadi ciri dari peradangan dinding lambung yang menandakan adanya asam yang tinggi dan juga memicu peluang kanker lambung terjadi.

5. Turun berat badan tanpa sebab

Ini merupakan salah satu tanda utama yang patut diwaspadai. Hal tersebut bisa disebabkan karena hilangnya nafsu makan yang cenderung terjadi pada pengidap kanker lambung.

6. Kesulitan menelan

Jika terdapat tumor di lambung, biasanya akan berdampak pada area tenggorokan yaitu esophagus yang kesulitan menelan. Biasanya ini terasa seperti makanan yang tertahan di tenggorokan atau merasa seperti tersedak.

7. Merasa cepat kenyang

Ini biasanya tanda yang paling akhir dari kanker lambung. Ini terasa saat di tengah mengonsumsi makanan, perut terasa cepat kenyang. Hal tersebut terjadi karena otot di lambung sudah tidak mampu lagi mendorong makanan ke usus. Jika hal ini sering terjadi, segera memeriksakan tubuh Anda ke dokter untuk segera discan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya