Disiplinkan Anak dengan Memukul Bisa Picu Trauma Jangka Panjang

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ketika anak berbuat salah, tidak sedikit orangtua yang kerap memukul anak mereka dengan dalih sebagai bentuk disiplin.

Momen Irjen Dedi dan Jenderal Lainnya Hibur Anak-anak Korban Banjir Demak

Padahal bentuk perilaku kekerasan pada anak seperti hukuman fisik ternyata memiliki potensi berbahaya  untuk jangka panjang, seperti dilansir laman Nypost.

American Academy of Pediatrics merilis sebuah peraturan yang menyebut bahwa memukul anak dapat menimbulkan agresi, perubahan otak, penyalahgunaan zat terlarang hingga memicu perilaku bunuh diri saat dewasa.

Areum T-ara Bongkar Aib Mantan Suami, Sering Meludah dan Kencingi Wajah Anaknya

Mirisnya masih banyak orangtua yang percaya bahwa dengan memukul anak akan memberikan efek jera dan berdampak pada perbaikan perilaku jangka pendek.

Anak kecil menangis.

KPAI Beri Rekomendasi untuk Cegah Pelanggaran Anak, Simak Yuk!

Nyatanya, penelitian menyebut bahwa memukul tidak lebih efektif daripada hukuman non-fisik, termasuk menetapkan batas tegas dan menetapkan konsekuensi yang tidak diinginkan. Dalam penelitian itu juga disarankan untuk meletakkan mainan favorit atau mengurangi waktu bermain gadget sebagai hukuman yang lebih bijak.

"Meskipun anak-anak yang mendapat kekerasan tumbuh sebagai orang dewasa yang bahagia dan sehat, namun secara tidak sadar, akan terbawa pada perilakunya," kata para peneliti. 

Lebih lanjut disebutkan bahwa hukuman fisik di masa kanak-kanak akan membuat mindset negatif saat sang anak dewasa. Tak hanya itu tindakan kekerasan anak juga akan meningkatkan hormon stres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya