Bayi yang Konsumsi ASI Ternyata 'Pup' Lebih Banyak

Ilustrasi popok bayi
Sumber :
  • pixabay/Ajale

VIVA – Bunda, pernahkah Anda memperhatikan perbedaan feses bayi yang mengonsumsi ASI dan susu formula? Hal tersebut sangatlah penting karena sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak yang mengonsumsi ASI, ternyata memiliki volume buang air yang lebih banyak dibandingkan bayi yang konsumsi susu formula.

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

Menurut jurnal Acta Paediatrica, frekuensi feses harian mereka rata-rata meningkat menjadi 4,9 kali pada bulan pertama dan 3,2 kali di bulan kedua kehidupan. Sementara itu, bayi yang diberi susu formula hanya buang air besar sekitar 2,3 kali pada bulan pertama dan 1,5 kali di bulan kedua kehidupan.

Dalam penelitian tersebut, bayi yang mendapat ASI eksklusif menghasilkan lebih banyak feses daripada bayi yang diberi susu formula secara eksklusif. Seperti dilansir dari laman Metro.co.uk. 

Survei: Ibu Terkendala ASI Malah Keblinger Kasih Kental Manis Hingga Air Tajin

Itu selama dua bulan pertama dan lebih banyak feses cair selama tiga pekan pertama.

Penulis penelitian ini, Dr. Emilie Moretti, yang juga seorang dokter anak di Arras Hospital Centre, Prancis mengatakan, kebiasaan buang air besar bayi sangat dipengaruhi oleh pola makan mereka.

Mengandung Banyak Vitamin dan Mineral, 3 Herbal Ini Bisa Bantu Lancarkan ASI

"Bayi yang diberi ASI mengeluarkan lebih banyak feses dan lebih banyak kotoran cair daripada bayi yang diberi susu formula, dan menyusui dianggap mencegah sembelit," tuturnya.

Dia mengatakan, ASI membantu peningkatan berat badan yang sehat. Lalu, konsumsi ASI juga mampu mempermudah akses keluarnya urine dan feses secara teratur.

Kiki Amalia dan suami, Agung Nugraha.

Full ASI dan Gak Pakai Babysitter, Kiki Amalia Putuskan Kurangi Pekerjaan Demi Anak

Kiki Amalia bersama suami, Agung Nugraha saat ini sedang menikmati momen menjadi orangtua. Diketahui, kurang lebih satu bulan yang lalu keduanya dikaruniai anak pertama.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024