Tips Memilih Lampu LED yang Baik untuk Kesehatan Mata

Ilustrasi lampu
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA – Berdasarkan riset global pada 11 negara, 84 persen penduduk Indonesia, termasuk yang peduli terhadap kesehatan mata saat membeli lampu LED. Terlebih, pemakaian lampu LED yang tepat bisa menunjang aktivitas yang dijalani oleh masyarakat.

Transformasi Digital Kian Optimalkan Kualitas Layanan Kesehatan Mata

Hanya saja, belum banyak masyarakat yang memahami cara memilah lampu LED dengan baik. Padahal, terdapat dua hal krusial yang sebaiknya menjadi syarat utama untuk membeli lampu LED.

"Harus yang terhindar dari Flicker dan Stroboscopic effect," terang Product Marketing Signify Indonesia, Angga Hudaya, di kawasan Menteng, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Peduli Akan Kesehatan Mata Dengan Vitamin Mata Terbaik Eyebost

Adapun efek flicker yang berarti kedipan. Jika efek ini terlalu sering terjadi pada lampu, bisa mengganggu penglihatan pada mata dan menghambat aktivitas.

"Sementara, efek Stroboscopic yang membuat lampu terlihat berbayang serta bergerak cepat. Terkadang dapat menganggu dan menyebabkan pusing jika dibiarkan dalam durasi lama," kata dia.

Soal Layanan Kesehatan Mata, Menkes: Penglihatan Jadi Komponen Kunci Kualitas Hidup Masyarakat

Untuk itu, Angga menuturkan pentingnya memilih lampu LED yang sesuai, salah satunya yang memiliki pola bunga matahari. Pola ini membuat cahayà menyebar secara merata dan tidak memiliki efek flicker mau pun stroboscopic yang menganggu.

"Menghasilkan cahaya dengan difuse hangat, serta pantulan yang tersebar merata sehingga nyaman di mata. Dengan begitu, akan terhindar dari efek kedipan dan stroboscopic yang membahayakan mata," terangnya.

Ilustrasi Buah Nanas Warna-warni

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Buah nanas dengan rasa yang segar dan manis, tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024