Pahami Perbedaan Gejala Radang Usus dan Maag?

Ilustrasi sakit maag.
Sumber :
  • VIVAlife

VIVA – Pernahkah Anda merasakan mual dan nyeri perut? Bila iya, berarti Anda pernah menjadi korban penyakit maag atau bisa juga radang usus. Lantas mana yang benar, sakit maag atau radang usus?

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Keduanya memang memiliki gejala yang hampir mirip tapi sebenarnya baik maag dan radang usus adalah dua penyakit yang berbeda. Radang usus atau enteritis merupakan bentuk peradangan usus yang paling sering disebabkan oleh infeksi, dengan gejala nyeri perut, muntah, dan mencret.

Sedangkan maag, yang dalam bahasa medis seringkali disebuat gastritis, adalah bentuk peradangan lambung yang ditandai dengan rasa penuh di perut, mual, nyeri ulu hati, bahkan bisa sampai muncul sensasi sesak napas.

5 Tips Diet untuk Penderita Maag, GERD, dan Asam Lambung

Mengingat keduanya memiliki gejala yang hampir mirip maka kita harus bisa membedakan antara radang usus dengan maag. Cara paling mudah adalah dengan mengenali faktor pemicunya. 

Sebagian  masyarakat meyakini bahwasanya maag dipicu akibat makan makanan yang pedas dan asam, sedangkan radang usus terjadi lebih karena makanan yang banyak mengandung biji seperti cabai. Tapi apakah benar makanan makanan tersebut menjadi faktor pembeda antara radang usus dengan maag? 

Mitos atau Fakta Konsumsi Obat Lambung Saat Sahur Bikin Puasa Lancar Tanpa Lapar

Spesialis penyakit dalam, Prof. Dr. dr. ARI FAHRIAL SYAM, Sp.PD-KGEH, MMB, FINASIM akan membahasnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT (AHS) di tvOne Selasa 13 November 2018.

Dipandu host dr. Hekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan dr. Sheila Salsabila, BMedSc, AHS juga akan tayang live streaming di laman ini. (tp)

Sakit perut

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Penyakit radang usus adalah istilah yang mengacu pada penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, dua kondisi peradangan yang menyerang 1,6 juta orang Amerika.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024