Mengenal Bahaya Pneumonia, Penyakit yang Diderita Stan Lee

Stan Lee
Sumber :
  • Instagram.com/therealstanlee

VIVA – Kabar duka datang dari Stan Lee, pencipta banyak tokoh superhero Marvel Comics. Pria ini meninggal dunia di usia 95 tahun, telah setahun terakhir didiagnosis mengalami pneumonia. Pneumonia  adalah infeksi pada paru-paru yang menyerang kantong udara kecil atau yang biasa disebut alveoli.

Pneumonia is Leading Cause of Death in Children, Toddlers

Pada beberapa kasus, alveoli mengalami inflamasi atau peradangan akibat infeksi, sehingga menyebabkan penderita sulit bernapas. Hal tersebut juga mengganggu fungsi paru-paru untuk mengoksidasi darah. 

Sedangkan pada kasus lainnya, alveoli terinfeksi dan dipenuhi cairan pus. Padahal, alveoli tidak dapat menyimpan cairan karena fungsinya adalah menyimpan udara. Akibat penumpukan cairan tersebut, penderita jadi tidak bisa bernapas secara maksimal.

Penyakit Pneumonia Jadi Penyebab Kematian Terbesar Pada Anak dan Balita

Kondisi-kondisi di atas membuat pneumonia sebagai penyakit berbahaya dengan konsekuensi yang serius pula. Lalu, apakah orang lanjut usia lebih berisiko terkena pneumonia? Bagaimana pengobatannya pada orang lanjut usia? Berikut penjelasannya.

BACA SELENGKAPNYA

Batuk Pilek Pada Anak, Apa yang Harus Diwaspadai?
Ilustrasi paru-paru/rontgen/x-ray.

Tingkat Kematian Kanker Paru Tinggi, Dokter Ungkap Penyebab yang Sering Tak Disadari

Kanker paru masih menjadi salah satu penyebab kematian akibat kanker tertinggi di Indonesia. Data Kementerian Kesehatan mengungkapkan, setiap tahun ada sekitar 34 ribu.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2024