Terapi Insulin Bikin Gemuk?

Ilustrasi pengecekan diabetes.
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA – Diabetes melitus merupakan penyakit gangguan metabolik menahun akibat pankreas tidak memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat memproduksi insulin secara efektif. Insulin merupakan hormon yang mengatur keseimbangan kadar gula darah.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Penyakit ini pun disebut-sebut sebagai silent killer lantaran satu dari dua orang yang menyandang diabetes tidak terdiagnosis dan tidak menyadari apabila mereka terkena diabetes.

Diabetes hingga kini tidak dapat disembuhkan. Namun para penderitanya bisa menjalani pengobatan, salah satunya dengan terapi insulin. Terapi ini dapat membantu mencapai kadar gula darah sesuai target. Meski membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh, ternyata insulin bisa menyebabkan bobot tubuh bertambah.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Prof. Dr.dr. Sidartawan Soegondo, Sp.PD-KEMD, FACE menjelaskan bahwa insulin memang dapat menyebabkan bobot tubuh bertambah. Hal ini lantaran insulin merupakan jenis hormon anabolik yang merangsang pertumbuhan sel, lemak dan protein dalam tubuh.

gejala-gejala diabetes

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

"Orang suntik insulin berat badannya akan naik. Kalau orang yang diabetes umumnya akan kurus karena tidak terkontrol, semua terbuang melalui kencing," kata dia saat ditemui di Kawasan Kebayoran Jakarta Selatan, Selasa, 13 November 2018.

Meski begitu, seseorang yang memang menjalani terapi insulin dari yang kurus kemudian mengalami kenaikan berat badan adalah sebuah hal yang baik. Walaupun gemuk, kata dia, kenaikan berat badan akibat suntik insulin tetap pada batasnya.

"Seseorang yang melakukan terapi insulin angka harapan hidupnya lebih tinggi dan kualitas hidupnya membaik,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya