Logo BBC

Penderita Diabetes di Indonesia Bisa Mencapai 30 Juta Orang

Diabetes tipe 1 cenderung muncul saat anak-anak atau remaja. Terkait dengan faktor keturunan atau dipicu infeksi virus. -Getty Images
Diabetes tipe 1 cenderung muncul saat anak-anak atau remaja. Terkait dengan faktor keturunan atau dipicu infeksi virus. -Getty Images
Sumber :
  • bbc

Penderita diabetes di Indonesia dapat mencapai 30 juta orang pada 2030 mendatang bila gaya hidup termasuk makan banyak dan merokok tidak dikurangi.

Saat ini penderita kencing manis – penyakit mematikan ketiga di Indonesia setelah stroke dan jantung – sekitar 10 juta orang. Jumlahnya sekitar 10 tahun mendatang dapat meningkat dua sampai tiga kali lipat, kata Dr Susie Setyowati, konsultan endroktrin, metabolik, diabetes di Jakarta.

Dr Susie mengatakan penyakit kronis ini "tak bisa disembuhkan tapi dapat dikendalikan agar tak terjadi komplikasi".

Cara pencegahannya adalah menjaga asupan makan, berolahraga serta menghentikan rokok, kebiasaan yang dapat menyebabkan komplikasi terutama bagi penderita jantung.

"Kalau mengurangi berat badan 10% saja dari saat ini, bisa mengurangi risiko diabetes besar," kata dr Susie.

Di dunia penyakit kencang manis ini membunuh lebih satu juta orang setiap tahun - dan siapapun dapat terkena.

Penyakit ini terjadi saat tubuh tidak bisa memproses semua gula (glukosa) di dalam aliran darah; menimbulkan komplikasi yang dapat menyebabkan serangan jantung, tekanan darah tinggi, kebutaan, gagal ginjal dan amputasi anggota tubuh bagian bawah.

Jumlah penderita terus meningkat dan tercatat saat ini mencapai 422 juta orang di dunia - empat kali lebih banyak dari pada 30 tahun lalu, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Meskipun terdapat berbagai risiko ini, setengah penderita diabetes tidak menyadarinya.