Wajib Tahu, Dampak Buruk Tidur Kurang dari 6 Jam

Ilustrasi menguap.
Sumber :
  • Pixabay/MrsBrown

VIVA – Kurang tidur memiliki dampak buruk bagi kesehatan, semua orang mengetahuinya. Namun ternyata tak hanya akan membuat kondisi kulit yang buruk, kurang tidur ternyata juga membuat tubuh dehidrasi. 

Bernyanyi Atasi Gangguan Tidur pada Pasien Long COVID-19

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sleep, menganalis data lebih dari 25.000 orang dewasa di China dan Amerika Serikat, dan hasilnya menunjukkan bahwa dibanding mereka yang tidur delapan jam atau lebih, mereka yang tidur hanya enam jam atau bahkan kurang memiliki urine yang lebih pekat dan 16 hingga 59 persen lebih tinggi kemungkinannya mereka mengalami dehidrasi. 

Dilansir Mind Body Green, peneliti dalam studi tersebut juga menduga bahwa dampak negatif tidak tidur cukup mungkin jadi penyebabnya, dalam hal ini yaitu dehidrasi. 

Depresi Timbulkan Gejala Sulit Tidur, Simak Cara Mengatasinya

Jadi daripada mengkhawatirkan efek kurang tidur, sebaiknya mulai pikirkan cara tidur berkualitas dan cukup. Atau jika harus begadang, pastikan minum cukup banyak air. 
 

Ilustrasi stres/sakit kepala/pusing.

Penyintas COVID-19 Rentan Alami Gangguan Tidur, Ini Alasannya

Kondisi yang dinamakan post-covid syndrome ternyata tak hanya menyerang fisik, tetapi juga mental penyintas COVID-19. Simak penjelasannya berikut ini.

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2022