Rutin Makan Cokelat Hitam, Ampuh Lecut Gairah Seks

Ilustrasi cokelat.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Cokelat hitam sering disebut sebagai makanan primadona yang ternyata memiliki banyak manfaat. Santapan lezat ini mungkin salah satu hal terbaik untuk dikonsumsi setiap hari karena banyak studi menemukan manfaat kesehatannya.

Dokter Boyke Ungkap Fetish Seks dengan Mayat hingga Penyebabnya

Cokelat hitam dianggap sebagai 'makanan super' berkat sejuta manfaat di dalamnya. Cokelat hitam dengan konsentrasi kakao yang tinggi dapat membantu meningkatkan memori seseorang. Bahkan, diklaim dapat membantu seseorang meningkatkan tingkat kekebalan dan mengurangi tingkat stres.

Agar lebih memahami mitos dan fakta cokelat hitam, berikut paparan spesialis gizi klinis, DR. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK(K)., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Rabu, 14 November 2018.

Dokter Boyke Ungkap Ada Fetish Nyleneh, Terangsang Jika Cium Popok Bayi

Bisa bikin gemuk

Ini mitos. Dokter Sam memaparkan, selama kandungan cokelat hitam tak memiliki gula sama sekali, murni 100 persen cokelat, malah akan membantu pembakaran lemak.

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Namun, rasa dari dark cokelat murni ini memang pahit tanpa tambahan gula. Sebab, kalau terdapat tambahan gula di cokelat hitam, memang bisa memicu kegemukan.

Tingkatkan gairah seks

Fakta. Di dalam cokelat hitam terdapat arginine yang termasuk dalam asam amino. Fungsi arginine ini yang akan melebarkan pembuluh darah di semua tempat termasuk alat kelamin.

Hal ini berlaku pada pria dan wanita, sehingga dengan pembuluh darah yang terbuka lebar membuat gairah seksual meningkat. Sebab, para prinsipnya, gairah seks akan makin meningkat seiring melebarnya pembuluh darah di organ kemaluan.

"Kalau cokelat biasa malah hambat pembuluh darah karena kandungan di dalamnya ada gula, krimer, dan sebagainya sehingga aliran darah tidak lancar," ujar dokter Sam.

Picu radang tenggorokan

Lagi-lagi hanya mitos. Cokelat hitam yang tidak ada kandungan gula sama sekali, tidak berefek pada radang tenggorokan. Sementara, cokelat biasa yang mengandung banyak gula yang memicu radang. Sebab ada kandungan gula dan perasa yang membuat tenggorokan sebagian besar orang menjadi sensitif dan mudah batuk serta radang.

Bisa cegah stres dan stroke

Faktanya, cokelat hitam mampu melebarkan pembuluh darah. Pada orang stroke, cenderung alami penyempitan pembuluh darah yang memicu tersumbatnya aliran darah. Sehingga konsumsi cokleat hitam tanpa gula mampu mencegah stroke melalui pelebaran pembuluh darah.

Sama halnya dengan kondisi stres, di mana konsumsi cokelat hitam ampuh melancarkan pembuluh darah dan mencegah timbulnya stres.

Dikonsumsi dengan kadar yang tepat

Disarankan hanya mengonsumsi sekitar 100 hingga 150 gram cokelat hitam atau berkisar 1 bar cokelat setiap harinya. Konsumsi yang tepat, bisa memberi dampak baik pada pelebaran pembuluh darah.

"Kalau berlebihan, kandungan kafein di dalamnya bisa membahayakan dan memicu kenaikan tekanan darah," ungkapnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya