Tidak Hanya Gigi, Gusi pun Harus Dirawat

ilustrasi gigi.
Sumber :
  • pixabay/pexels

VIVA – Berdasarkan data Riskesdas pada 2018 yang dilakukan di 34 provinsi dan melibatkan sekitar 2.132 dokter gigi, sebanyak 57,6 persen penduduk Indonesia ternyata mengaku memiliki permasalahan pada kesehatan gigi dan mulutnya. 

10 Penyebab Gigi Ngilu dan Goyang, Salah Satunya Kehamilan!

Salah satu permasalahan yang banyak dialami masyarakat Indonesia terkait masalah ini adalah penyakit gusi (gum disease). Setidaknya, sekitar 9 dari 10 orang dewasa pernah mengalami penyakit ini.

Ya, soal kesehatan mulut, sering kali gusi memang menjadi bagian yang terlupakan untuk dijaga kebersihannya. Padahal, gusi yang tidak terawat bisa menimbulkan sejumlah permasalahan gusi atau periodontal serius, mulai dari bau mulut hingga gigi yang mudah tanggal.

Ternyata, Ini Penyebab Anak Demam Saat Tumbuh Gigi

Apa penyebab penyakit gusi?

Penyebab utama penyakit gusi sebenarnya adalah bakteri yang tertimbun di dalam mulut. Bakteri ini bersama dengan lendir dan partikel lainnya akan membentuk plak yang lengket dan tidak berwarna pada gigi. 

Kena Kamera Jahat, Giliran Bagian Tubuh Kaesang Pangarep Kena Nyinyiran: Ya Ampun Kok Gitu Sih

BACA SELENGKAPNYA

Ilustrasi Scaling Gigi

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

Scaling gigi merupakan prosedur pembersihan gigi yang bertujuan untuk mengangkat plak dan karang gigi yang menumpuk pada permukaan gigi dan di bawah garis gusi.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024