Penyebab Timbulnya Jerawat di Area Punggung Tubuh

Ilustrasi jerawat
Sumber :
  • http://inwithskin.com

VIVA – Memiliki jerawat di area wajah, membuat tidak percaya diri tampil dan beraktivitas di dalam keseharian. Jerawat ternyata memiliki penyebab multi faktorial yang biasanya disebabkan oleh genetik, ras, stres, pola makan, kosmetik, obat-obatan, tekanan fisik, dan kebiasaan merokok.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Proses terjadinya jerawat disebabkan oleh produksi minyak, karena pembesaran kelenjar minyak yang dipengaruhi oleh produksi hormon yang tidak seimbang, juga adanya penumpukan sel kulit mati dan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang bernama propionibacterium akne.

Jerawat sebenarnya tidak hanya tumbuh di area wajah, melainkan semua permukaan kulit yang memiliki kelenjar minyak, termasuk punggung. Hal tersebut, diungkapkan oleh dr Trinda Paramitha, saat berbincang dengan VIVA lewat sambungan telepon, Senin 19 November 2018.

Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

Jika jerawat di area punggung sudah terlanjur meradang, Anda dapat mengatasi dengan cara berikut:

1. Hidari berjemur di bawah matahari dalam waktu yang lama

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya

Berjemur yang lama dapat membuat kulit mengalami kekeringan. Akibatnya, akan memproduksi minyak dalam jumlah yang banyak. Dianjurkan selalu menggunakan sunblock untuk melindungi kulit dari matahari.

2. Jangan biarkan keringat menempel terlalu lama di badan 

Setelah beraktivitas di luar atau setelah berolahraga berat, usahakan selalu seka keringat dengan handuk dan ganti baju minimal dua kali sehari, atau setiap kali badan berkeringat banyak.

3. Hindari menggosok punggung terlalu keras

Menggosok terlalu keras akan menimbulkan infeksi kulit dan akan menjadi kering karena dehidrasi. Hal tersebut akan merangsang kelenjar minyak bekerja lebih aktif untuk memancing minyak berproduksi.

4. Jauhi hal-hal yang dapat menimbulkan stres

Sebab, dalam keadaan stres, produksi hormon akan meningkat dan akan memicu timbulnya jerawat. Jangan juga menyentuh dan memencet jerawat, karena akan memperburuk, bahkan bertambahnya jumlah jerawat.

Apabila semakin meradang, Anda dapat melakukan perawatan kulit dengan teknologi berbasis cahaya di area tubuh seperti Rejuvenation yang tidak hanya mampu menghilangkan jerawat, tetapi juga mampu mengencangkan, dan mengurangi pigmen berlebih pada kulit apabila dilakukan secara rutin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya