Awas, Sering Tahan Pipis Picu Batu Ginjal

Ilustrasi toilet.
Sumber :
  • pixabay/ jakobing85

VIVA – Buang air kecil adalah salah satu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan toksin atau kotoran yang berbahaya untuk kesehatan. Namun kadang, ada hal yang menyebabkan orang harus menahan pipis.

Bersihkan Ginjal dengan Hanya Konsumsi Minuman Alami Ini, Dijamin Racun Keluar Seketika

Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa menahan pipis bukanlah hal yang serius. Namun di balik menahan kencing, ada bahaya mengancam.

"Efek paling berbahaya dari menahan pipis adalah batu ginjal. Karena saat menahan pipis, berisiko alami infeksi saluran kemih," ujar Spesialis Urologi, dr Hani Hendarto dalam program Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin 19 November 2018.

3 Keunggulan Menggunakan Metode RIRS untuk Pengobatan Batu Ginjal

Menurut dokter Hani, infeksi yang terjadi berulang kali pada saluran kemih itu, bila dibiarkan dalam jangka panjang akan memicu batu ginjal. Ada pun saat menahan buang air kecil, bakteri di dalamnya bisa berkumpul dan memicu infeksi tersebut.

"Saat kandung kemih penuh, bakteri di dalamnya bisa berkumpul. Apalagi kalau dibiarkan ditahan sampai 4 jam dan membuat kandung kemih menampung hingga 400cc cairan," ungkapnya.

Tips Jalani Pola Hidup Sehat untuk Cegah Sakit Batu Ginjal

Biasanya saat infeksi saluran kemih timbul, akan muncul beberapa gejala seperti sakit saat berkemih hingga hematuria atau darah di dalam air seni. Maka dari itu, sebaiknya saat muncul keinginan untuk buang air kecil, segera mencari toilet terdekat.

"Kalau isi kandung kemih masih 150cc, masih bisa tahan hingga 1 jam. Tapi kalau sudah ditahan 3-4 jam, kandung kemih sudah penuh dan harus segera dikeluarkan cairannya."

Ilustrasi urine.

Ini Dampak Buruk Menahan Buang Air Kecil, Bisa Sebabkan Batu Ginjal

Buang air kecil adalah proses alami yang penting bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, seringkali kita menunda untuk buang air kecil karena berbagai alasan.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024