Logo BBC

Wabah Cacar Air Landa Sekolah di AS, 70% Siswanya Tak Divaksin

Cacar Air
Cacar Air
Sumber :

Wabah cacar air terbesar di negara bagian North Carolina, Amerika Serikat, melanda sebuah sekolah yang sebagian besar siswanya tidak menerima vaksinasi.

Sebanyak 36 siswa Sekolah Asheville Waldorf terjangkit cacar air pada Jumat (16/11), berdasarkan laporan harian Asheville Citizen-Times.

"Ini adalah wabah cacar air terbesar yang diketahui para pejabat kesehatan negara bagian sejak vaksin tersedia," sebut juru bicara Departemen Kesehatan North Carolina kepada BBC melalui surat elektronik.

Hukum di negara bagian North Carolina mewajibkan semua anak mendapat imunisasi tertentu, termasuk cacar air, campak, dan gondong. Namun, negara bagian itu memberi pengecualian kepada orang tua untuk tidak memvaksinasi anak mereka dengan alasan medis dan keagamaan.

Sekolah Asheville Waldorf diketahui sebagai sekolah dengan tingkat pengecualian tertinggi di North Carolina.

Menurut data negara bagian, 67,9% murid taman kanak-kanak sekolah tersebut tidak menerima imunisasi pada tahun ajaran 2017-2018 karena orang tua mereka mengajukan pengecualian vaksinasi.

Bahkan, dari 152 siswa sekolah tersebut, 110 di antara mereka tidak mendapat vaksin untuk mengantisipasi virus varicella yang menimbulkan cacar air. Persentasenya mencapai 72,3%.