Wajib Lakukan 2 Hal Ini Biar Cepat Hamil

Ilustrasi Sperma
Sumber :
  • Pixabay/ TBIT

VIVA – Kehamilan merupakan dambaan tiap pasangan suami istri. Tak sedikit dari tiap pasangan yang sudah mencoba berbagai cara, namun belum juga dianugerahi buah hati.

Kenali Manfaat dan Pentingnya Imunisasi Lengkap untuk Anak

Untuk mempermudah kehamilan, ternyata tiap pasangan suami istri perlu memperhatikan dua hal yaitu kualitas sperma pria dan masa subur wanita. Untuk memastikan apakah kualitas sperma Anda sudah baik, Anda bisa menjalani tes analisis sperma guna mendeteksi ada masalah kesuburan atau tidak.

Dikutip dari siaran pers Hellosehat, Agar dapat melewati lendir serviks dan membuahi sel telur, sel sperma harus bisa berenang dengan kecepatan minimal 25 mikrometer per detik. Sel sperma yang kurang lincah dan gesit menyumbang 10 persen dari sekian banyaknya penyebab pria sulit punya anak. Semakin cepat sperma berenang, semakin tinggi peluang Anda untuk cepat hamil.

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Cara Atasi Pusing Saat Puasa

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan gerakan sperma lambat sehingga pria susah punya anak. Di antaranya adalah infeksi pada testis, kanker testis, testis tidak turun, hingga kebiasaan merokok dan penggunaan ganja atau kokain.

Yang tak kalah penting yaitu ketahui kapan masa subur wanita. Agar cepat hamil, Anda harus berhubungan seks di waktu yang tepat sehingga sperma dapat bertemu sel telur. Sel telur akan dilepaskan saat wanita memasuki masa suburnya.

10 Negara dengan Keseimbangan Hidup-Kerja Terbaik di Dunia

Pelepasan telur normalnya hanya terjadi satu kali dalam sebulan dan masa subur hanya terjadi selama beberapa hari. Jika tidak mengetahui kapan masa subur, Anda mungkin lebih sulit hamil meski sudah sering berhubungan intim.

Selain itu, calon ibu juga harus benar-benar memastikan kesehatan dan mempersiapkan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang janin nantinya. Misalnya, memenuhi asupan folat dan makan makanan yang meningkatkan kesuburan.
 

Ketua Big Data Center IMERI FK UI, Prasandhya Astagiri Yusuf

Tantangan Penggunaan AI di Dunia Kedokteran

Pemanfaatan AI di bidang kedokteran harus tetap memperhatikan prinsip etika. Mencakup transparansi, akuntabilitas, dan keadilan yang menjadi landasan penting.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024