Konsumsi Susu Orang Indonesia Masih Rendah

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Pixabay/manolofranco

VIVA – Selain sulitnya mendapatkan pangan berkualitas untuk sapi perah yang menghasilkan susu segar di Indonesia, menyerukan masyarakat untuk rajin mengkonsumsi susu setiap hari menjadi tantangan tersendiri bagi para produsen susu.

Terpopuler: Kaya atau Miskin Bisa Dilihat dari Wajah, Efek Samping Minum Susu saat Perut Kosong

Bagaimana tidak, menurut Darmanto Setyawan selaku Head of Dairy Manufacturing Southeast Asia, PT Greenfields Indonesia, konsumsi susu orang Indonesia masih rendah.

"Konsumsi susu di Indonesia ini cukup rendah dibandingkan di negara-begara lain, kita melihatnya sebagai satu tantangan," kata Darmanto saat berbincang dengan VIVA di pabrik Greenfields di Malang, Jawa Barat.

Minum Susu Sapi di Pagi Hari saat Perut Kosong, Timbulkan 7 Efek Samping Berbahaya Ini

Meski disebut sebagai tantangan, Darmanto menyebut hal tersebut tentu bisa menjadikannya sebagai sebuah peluang. Dia berharap dengan besarnya populasi masyarakat di Tanah Air dapat meningkatkan konsumsi susu dari sisi bisnis.

"Kemudian sumber dari susu itu sendiri menjadi tantangan, dan Greenfields menjawab dengan kita membuat peternakan sapi perah itu sendiri," sambungnya.

Hadi Apriliawan Buat Inovasi Alat Pasteurisasi Latte Electricity (LE), Susu Peternak Jadi Awet

Sapi perah sendiri kebanyakan berasal dari daerah sub tropis. Untuk dibawa ke wilayah tropis, tentu tidaklah mudah. Hal itupula yang dianggapnya sebagai tantangan.

"Baru sekitar 20 persen kebutuhan susu di Indonesia itu dipenuhi dari produksi dalam negeri, sedangkan 80 persen dipenuhi dari impor dalam bentuk susu bubuk," katanya.

Ilustrasi susu.

Gak Kalah Sehat, Susu Kacang Mede Diklaim Rendah Kalori Hingga Bebas Kolesterol

Susu nabati saat ini mulai diminati masyarakat tidak hanya bagi mereka yang intoleransi laktosa tapi juga mereka yang peduli akan kesehatan dan mulai hidup sehat.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024