Terungkap, Ternyata Ini Bagian Tubuh yang Tidak Pernah Tidur

Ilustrasi wanita tidur
Ilustrasi wanita tidur
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Saat menutup mata dan pergi tidur setiap malam, banyak orang mungkin juga percaya bahwa semua indra dan bagian tubuh beristirahat dengan tenang. Namun, sebuah penelitian baru-baru ini telah berhasil mengungkap temuan menarik. 

Para peneliti di Vanderbilt University di Nashville, Tennessee, telah menemukan bahwa ketika tertidur, satu-satunya bagian tubuh yang aktif adalah telinga.

Meski telinga selalu menyala, satu-satunya alasan mengapa kita tidak ingat apa yang sebenarnya dikatakan mungkin karena otak, yang menolak informasi eksternal yang diterima oleh telinga saat tertidur. 

Para peneliti melakukan penelitian pada anak-anak usia prasekolah saat mereka sedang tidur. Jenis lingkungan di mana anak-anak tidur telah menjadi topik pembicaraan, terutama dalam beberapa tahun terakhir. 

"Tetapi ada lubang besar dalam literatur dan diskusi tentang apa yang terjadi dengan anak-anak usia prasekolah, yang merupakan titik lompatan kita," kata Adrienne Roman yang dilansir dari indianexpress, Selasa 27 November 2018.

Dalam studi tersebut, anak-anak yang sedang tidur disambungkan ke mesin EEG portabel dan kemudian tiga kata acak dimainkan di sekitar mereka.

Otak mereka menunjukkan tanda-tanda positif ketika mereka mendengar kata-kata tertentu, mengungkapkan mereka mampu mengenali suara tes.