Studi: Pria Berjenggot Lebih Menarik di Mata Wanita

Zayn Malik. Ilustrasi pria berjenggot.
Sumber :
  • Instagram Zayn Malik

VIVA – Beberapa dekade lalu, pria dengan jenggot atau brewok sering diasosiasikan sebagai orang jahat, kejam, serta segala sifat negatif lainnya. Tapi hal itu kini tidak berlaku lagi. Menurut sebuah studi, pria dengan jenggot lebih menarik daripada yang tidak.

Pria Hati-hati, Brewok Bisa Jadi Sarang Kuman!

Sebuah penelitian di Journal of Evolutionary Biology, meminta 8.500 wanita untuk menilai pria dengan dan tanpa jenggot yang lebih potensial untuk pacar mereka. Para lelaki difoto saat baru bercukur, lima hari setelah bercukur, 10 hari setelah bercukur, dan kemudian empat minggu setelah bercukur.

Hasilnya sangat mencengangkan. Setiap wanita lajang lebih menyukai pria mereka dengan rambut wajah. Janggut yang lebat menerima peringkat tertinggi untuk daya tarik umum, diikuti oleh jenggot penuh dan janggut ringan.

Kiky Saputri Pamer Pacar Baru di Instagram: Aku Suka yang Brewokan

Padahal kita mengasosiasikan jenggot dengan usia pria dan dominasi sosial maskulin. Satu teori, penelitian menyatakan, jenggot mungkin lebih menarik bagi wanita ketika mempertimbangkan hubungan jangka panjang daripada jangka pendek karena mereka menunjukkan kemampuan laki-laki untuk berhasil bersaing secara sosial dengan laki-laki lain.

Ilustrasi pria.

Brewok Bikin Cowok Lebih Maskulin, Begini Cara Alami Menumbuhkannya

Tidak sedikit yang berupaya menumbuhkan brewok dengan memakai obat-obatan atau krim. Padahal, lebat atau tidaknya rambut wajah itu berkaitan erat dengan kondisi hormon.

img_title
VIVA.co.id
21 Juli 2023