Jangan Konsumsi Antibiotik Sembarangan, Ini 7 Efek Sampingnya

Ilustrasi obat/suplemen.
Sumber :
  • pixabay/pexels

VIVA – Geng Sehat pasti tahu antibiotik, kan? Setiap sakit dan pergi ke dokter, Kamu mungkin akan diberikan resep antibiotik. Sebenarnya, antibiotik termasuk sejenis obat untuk mengobati infeksi bakteri. Pasalnya, tidak seperti infeksi virus, infeksi bakteri tidak bisa mereda dengan sendirinya

Ini Demam Khas Mycoplasma Pneumoniae pada Anak yang Perlu Diperhatikan Orangtua

Beberapa penelitian memang menunjukkan bahwa antibiotik sering kali diberikan secara berlebihan atau pun diberikan kepada pasien yang tidak membutuhkannya. Namun, dokter juga setuju bahwa antibiotik sangat penting jika digunakan secara tepat.

Nah, seperti obat lain, antibiotik juga punya efek samping. Kebanyakan efek sampingnya memang tidak berbahaya dan Kamu bisa bertanya kepada dokter tentang pencegahannya.

Kasus Pneumonia Mycoplasma Ada di DKI Jakarta, Seperti Apa Kondisi Pasien?

Namun, Kamu tetap perlu tahu apa saja efek samping tersebut, karena beberapa di antaranya cukup serius. Berikut beberapa efek samping antibiotik yang perlu Kamu ketahui dan waspadai.

BACA SELENGKAPNYA

Jangan Sembarangan Konsumsi Antibiotik, Ahli: Hanya untuk Kondisi Mengancam Nyawa
Praktisi Pengobatan sunnah Indonesia, dr Zaidul Akbar

Zaidul Akbar Ungkap Makan Bawang Ternyata Tak Boleh Dikunyah, Kenapa?

Melalui akun Instagram resminya, dokter Zaidul Akbar menyebut bahwa segala jenis bawang-bawangan termasuk bawang putih memilih efek antibiotik dan anti kanker.

img_title
VIVA.co.id
5 Januari 2024