Pneumonia, Pembunuh yang Terabaikan

Ilustrasi bakteri / Pneumonia
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pneumonia merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi anak-anak karena dapat menyebabkan kematian. Pneumonia adalah radang pada jaringan paru dan sekitarnya.

Pneumonia is Leading Cause of Death in Children, Toddlers

"Radang artinya jaringan mengalami kerusakan," ujar dr. Darmawan Budi Setyanto, SpA(K) saat seminar media di Kantor Ikatan Dokter Anak Indonesia, Jakarta, Kamis, 29 November 2018.

Kerusakan ini menyebabkan jaringan terisi oleh cairan radang. Akibatnya, pertukaran gas di dalam paru-paru tidak bisa berlangsung. Kondisi ini yang menimbulkan bahaya bagi pasien pneumonia.

Penyakit Pneumonia Jadi Penyebab Kematian Terbesar Pada Anak dan Balita

Jika jaringan paru rusak, maka oksigen yang masuk menjadi berkurang. Inilah yang menjadi penyebab kematian pada pasien pneumonia.

Meski membahayakan dan menjadi penyebab kematian tertinggi pada anak, pneumonia masih belum mendapatkan perhatian besar dari masyarakat. Padahal dalam satu hari, anak-anak yang meninggal karena pneumonia sama jumlahnya dengan penumpang pesawat jumbo jet.

Batuk Pilek Pada Anak, Apa yang Harus Diwaspadai?

Kelompok usia yang paling rentan terkena pneumonia adalah balita, karena sistem imun mereka yang belum bagus.

"Pneumonia menjadi pembunuh yang terabaikan. Padahal kematian karena pneumonia masih lebih banyak dari malaria dan campak," imbuh Darmawan.

Ilustrasi paru-paru/rontgen/x-ray.

Tingkat Kematian Kanker Paru Tinggi, Dokter Ungkap Penyebab yang Sering Tak Disadari

Kanker paru masih menjadi salah satu penyebab kematian akibat kanker tertinggi di Indonesia. Data Kementerian Kesehatan mengungkapkan, setiap tahun ada sekitar 34 ribu.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2024