Jangan Minum Air Kelapa Hijau Pasca Operasi, Ini Bahayanya

Air kelapa.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Air kelapa dari jenis kelapa hijau sangat digemari masyarakat. Selain memiliki rasa yang segar, kelapa hijau juga diyakini memiliki manfaat baik untuk kesehatan.

9 Manfaat Air Kelapa: Kelebihan di Setiap Tetesannya

Banyak masyarakat yang juga meyakini bahwa air kelapa mampu membawa berbagai kesembuhan. Wanita hamil yang rajin minum air kelapa hijau juga niscaya bisa melahirkan bayi berkulit bersih.

Air kelapa hijau juga diyakini mampu menetralisir racun, mengatasi sakit campak, membersihkan kulit, hingga mengatasi masalah paru-paru. 

Resep Herbal Ala dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi Akibat Kebanyakan Makan Daging

Dilansir laman webMD, air kelapa hijau membantu memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Tiap 30 ml air kelapa juga mengandung 60 mg kalium dan 5,5 mg natrium. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium dan fosfor.

Namun alih-alih diyakini dapat membuat bayi lahir dengan kulit bersih, namun hal itu belum terbukti secara ilmiah.

Air Kelapa Bagus Buat Buka Puasa, Tapi Tidak untuk Dua Orang Ini

Wanita hamil dan menyusui sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi air kelapa. Jika ragu, konsultasikan terlebih dulu kepada dokter.

Air kelapa juga memiliki kemungkinan menurunkan tekanan darah, sekaligus meningkatkan efek obat tekanan darah tinggi. Yang juga perlu diwaspadai adalah air kelapa mungkin mengganggu tekanan darah selama dan pascaoperasi. Benarkah demikian?

Pakar Farmakalogi, dr Tulus Satriasih Sp.FK akan membahasnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT (AHS) di tvOne Jumat 30 November 2018.

Jika Anda tak sempat saksikan di layar kaca, AHS juga akan tayang live streaming di laman ini pukul 13.00-14.00 WIB.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya