Konsumsi Kecap Manis Terlalu Sering, Ini Bahayanya

Ilustrasi kecap manis
Sumber :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

VIVA – Kecap manis adalah produk fermentasi kedelai. Rasa lezat yang dihasilkan dari penambahan kecap manis ke dalam masakan sebenarnya adalah MSG alami yang terbentuk dari proses fermentasi. 

Polusi Udara Bikin Batuk? Dokter Tak Anjurkan Asal Minum Antibiotik

Karena proses fermentasi ini, struktur protein di dalam kedelai terpecah-pecah menjadi berbagai macam asam amino. Berbagai asam amino ini bercampur dengan garam yang ditambahkan, membentuk kandungan umami yang tinggi sekali. 

Umami adalah sebutan komponen rasa yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi gurih. Rasa gurih (umami) itu terjadi karena terbentuknya MSG alami dalam proses fermentasi kedelai dan penambahan larutan garam (brine).

Biar Gak Bosen, Ini 3 Resep Sei Sapi Ala Rumahan untuk Idul Adha

Meskipun enak, ternyata terlalu sering konsumsi kecap akan berdampak pada kesehatan tubuh. Spesialis gizi klinis, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi,SpGK akan membahasnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT (AHS) di tvOne Jumat 30 November 2018.

Jika Anda tak sempat saksikan di layar kaca, AHS juga akan tayang live streaming di laman ini pukul 13.00-14.00 WIB.

Dijamin Enak, Gurih dan Empuk, Ini 5 Resep Bumbu Sate Kambing
Kreasi #MauLagiBu apresiasi pada para Ibu yang telah menyajikan hidangan terbaik

Serunya Ruang Kreasi #MauLagiBu, Ajak Keluarga Apresiasi Masakan Ibu

Kampanye kreasi #MauLagiBu dipersembahkan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kepada para Ibu yang telah berdedikasi menyajikan hidangan masakan terbaik untuk keluarga.

img_title
VIVA.co.id
3 November 2023