Jangan Percaya 5 Mitos Diabetes Ini

Ilustrasi cek gula darah.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Bulan November baru saja diperingati sebagai bulan kepedulian terhadap diabetes. Mengapa kampanye tentang kewaspadaan terhadap diabetes penting dan perlu dilakukan terus menerus? Karena menurut International Diabetes Federation (IDF), saat ini lebih 425 juta penduduk dunia menyandang diabetes. Satu dari 2 penderita diabetes belum terdiagnosis atau tidak tahu dirinya mengidap diabetes.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Itulah sebabnya informasi tentang diabetes harus diperluas. Belum semua orang paham bahwa diabetes itu sangat berbahaya dan mematikan jika tidak dikelola dengan baik. Komplikasi seperti penyakit kardiovaskular menjadi penyebab kematian utama penderita diabetes. Separuh pasien penyakit ginjal kronis yang menjalani dialisis adalah penderita diabetes. Belum lagi tentang kecacatan akibat amputasi yang disebabkan diabetes.

Meskipun jumlah penderitanya sangat banyak, belum semua orang paham tentang penyakit ini, termasuk penderitanya sendiri. Masih banyak mitos yang diyakini sebagai fakta oleh masyarakat. Diabetes tipe 2 dapat dicegah bahkan pada orang dengan riwayat diabetes di keluarga, asalkan dia bisa menjaga gaya hidupnya. Mitos atau informasi yang salah menjadikan mereka tidak peduli untuk melakukan pencegahan.

Glaukoma Lebih Berbahaya Daripada Katarak

BACA SELENGKAPNYA

Ilustrasi obat suntik diabetes

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Puasa adalah salah satu praktik keagamaan yang dijalankan oleh jutaan orang di seluruh dunia, termasuk mereka yang menderita diabetes supaya tahan seharian.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024