Bagaimana Sih, Orang Zaman Dulu Merawat Giginya?

Sikat gigi pakai pasta gigi
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA – Sejak dulu sampai sekarang, masalah pada gigi tidak beranjak dari persoalan gigi berlubang (karies) dan penyakit gusi. Dua kondisi inilah yang memicu gigi tanggal. Meski begitu, ada perbedaan yang cukup signifikan terkait kebiasaan yang merusak gigi, antara orang zaman dulu dan sekarang.

Mengenal Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Dijelaskan drg. Bambang Nursasongko, SpKG, atau spesialis konservasi gigi, dibandingkan pada orang zaman dahulu, risiko terkena karies pada masyarakat masa kini lebih meningkat. Pola makan modern turut menambah risiko gigi berlubang. Ini bisa terlihat dari tingginya angka karies di perkotaan ketimbang di desa yang masih lebih mempertahankan kebiasaan zaman dahulu.

“Masyarakat modern seperti di perkotaan, banyak makanan olahan, juga minuman manis dan berkarbonasi. Sehingga banyak karbohidrat yang difermentasi oleh bakteri,” terang drg. Bambang, dosen di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, dalam diskusi media Sasha Halal Toothpaste di Jakarta, 27 November 2017.

Haruskah Gigi Gingsul Dihilangkan? Ini Kata Ahli

BACA SELENGKAPNYA

Ilustrasi gambar kopi.

Jangan Abai, Kebiasaan Ngopi Picu Gigi Kusam

Kopi, teh, cola, anggur, dan beberapa makanan bertepung seperti pasta atau kentang, dapat menyebabkan kondisi yang menyebabkan pewarnaan gigi.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2021