4 Efek Positif Mendengar Lagu Galau saat Patah Hati

Ilustrasi patah hati.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Ketika patah hati, rasanya suasana hati tidak mendukung untuk mendengar lagu-lagu ceria. Seringnya kita memilih untuk tenggelam dalam kesedihan dengan mendengarkan lagu galau atau mellow.

Trending Nomor 1 di YouTube, Ini Lirik Lagu 'Tak Dianggap' Milik Lyodra

Lantas, apakah lagu galau benar-benar pilihan yang tepat untuk didengarkan saat kondisi mental sedang terpuruk? Berikut dampak psikis ketika mendengarkan lagu galau, dikutip dari rilis Hello Sehat, Senin, 3 Desember 2018.

1. Ungkapan kesedihan

Dapat Julukan Queen of Galau, Terry Siap Tebar Virus Kepiluan

Lagu melankolis yang indah dapat menjadi alat yang baik untuk mengungkapkan kesedihan Anda. Dengan begitu, kesedihan Anda tidak akan berlarut-larut.

2. Ekspresi perasaan hati

Kezia Kaithlyn Janji Buat Pendengar Lagu Keputusan Terbaik jadi Generasi Galau Sejenak

Pendengarnya akan mengungkapkan ekspresinya dengan melepaskan kesedihan yang ia rasakan. Tidak dengan sebuah tindakan negatif, tapi bisa dengan merenung atau kemudian meminta bantuan orang lain untuk menyemangatinya.

Ilustrasi patah hati

3. Pereda trauma

Lagu galau atau sedih bisa memengaruhi pendengarnya keluar dari masalah atau kesulitan yang ia hadapi. Perasaan trauma atau sedih ketika mendengarkan lagu galau akan mengingatkannya bahwa ia pernah menghadapi masalah yang lebih buruk dan nyatanya ia masih baik-baik saja.

4. Berpikir positif

Bersamaan dengan rasa sedih, musik melankolis bisa membuat pendengarnya mendapatkan emosi positif seperti perasaan sayang dan empati. Perasaan tersebut bisa membuat pendengarnya berperilaku baik dan positif, serta membuatnya puas karena bisa lepas dari perasaan sedih tersebut. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya