Jangan Salah, Udara Dingin Juga Menyehatkan

Ilustrasi musim dingin.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Anda penyuka hujan? Pas banget nih, saat ini sudah memasuki musim hujan. Anda akan lebih sering menikmati suasana syahdu dan dingin, mungkin ditemani secangkir teh atau kopi hangat. Meskipun merepotkan karena aktivitas di luar rumah menjadi terbatas, hujan dan cuaca dingin punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Pulau Jawa Terasa Lebih Dingin saat Malam Hari, Ini Penjelasan BMKG

Tentunya tidak semua orang akan dapat menikmati udara dingin. Pada penderita rematik, misalnya, udara dingin hanya akan memperberat gejala peradangan di sendi. Anda yang tengah flu juga  tidak ingin berlama-lama di udara dingin, ya? Tetapi jika Anda tidak memiliki hambatan penyakit dan dalam kondisi sehat-sehat saja, tidak ada salahnya mencoba menikmati udara dingin, karena Anda akan mendapatkan manfaat yang tidak terduga. Apa saja?

1. Meningkatkan kerja otak

Penyebab Suhu Terasa Lebih Dingin Akhir-akhir Ini

Udara yang dingin, seperti dikutip dari Reader’s Digest membantu orang berpikir lebih jernih. Penelitian menunjukkan, orang-orang cenderung mengerjakan tugasnya lebih baik saat berada di ruangan dengan udara dingin, dibandingkan mereka yang mengerjakannya di ruangan lebih hangat. (rna)

BACA SELENGKAPNYA

Awas, Olahraga Berlebih Bisa Ancam Nyawa


 

Ilustrasi hipertensi.

Dokter Sebut Udara Dingin dan Polusi Picu Hipertensi

Ada dua faktor lainnya yang juga turut berkontribusi dalam memicu hipertensi mulai dari perubahan suhu udara hingga kondisi polusi di lingkungan sekitar.

img_title
VIVA.co.id
1 September 2022