Kapan Waktu Tepat Kencan Lagi Setelah Putus Cinta?

Ilustrasi patah hati atau putus cinta.
Sumber :

VIVA – Putus cinta memang merupakan hal yang menyakitkan. Bagi sebagian orang, tidak mudah untuk menyembuhkan luka patah hati. Namun, ada pula yang mudah menyembuhkan sakitnya patah hati, dan kembali menjalin hubungan dengan orang baru.

Pembunuhan di Wonogiri Ternyata Motifnya Sakit Hati, Korban Tidak Boleh Balikan dengan Mantan

Tapi, kapankah sesungguhnya waktu yang tepat untuk kembali menjalin hubungan dengan orang baru setelah putus cinta?

Seorang ahli hubungan asal New York, Susan Winter dan Dr. Paulette Sherman, seorang psikolog  dan penulis Dating From The Inside Out, menjelaskan bagaimana cara mengetahui kapan Anda siap untuk berkencan setelah putus.

Mahasiswi dan IRT Jual Diri di Michat Demi Kebutuhan Hidup, Sekali Kencan Rp 200 Ribu

Menurut Winter, mencari tahu apakah Anda benar-benar siap untuk berkencan tidak bisa dengan mudah untuk ditentukan kapan waktunya.

Sebaliknya, yang terbaik adalah mencoba dan memberikan waktu pada diri Anda sendiri untuk menerima kenyataan bahwa si Dia bukan lagi kekasih Anda. Berikan waktu hingga diri Anda bisa benar-benar mengikhlaskan kepergiannya.

Nikita Mirzani Bongkar Kelakuan Pasangan yang Posesif: Sindir Rizky Irmansyah?

"Jika Anda masih merasakan sakitnya patah hati, masih terobsesi dengan mantan, atau menderita dan penuh emosional, ini tandanya, Anda belum siap lagi untuk berkencan," kata Winter seperti dilansir laman Insider, Selasa, 4 Desember 2018.

Winter pun mengatakan, jika Anda sudah mulai bisa menerima kenyataan bahwa mantan bukan lagi kekasih Anda, ini bisa jadi tanda, Anda siap menjalin hubungan kembali.

"Penting juga untuk merasa seolah Anda siap untuk membuka diri kepada seseorang yang baru."

Sherman pun menyarankan, mulailah membuka hati, tingkatkan rasa percaya diri dan hal ini bisa memudahkan Anda untuk menarik perhatian orang lain.

Namun menurut Sherman, seseorang yang siap berkencan dan memulai hubungan baru, tahu bagaimana berpikir kritis tentang hubungan yang telah berakhir.

"Mereka telah belajar pelajaran dari hubungan masa lalu mereka dan melihatnya sebagai batu loncatan untuk menjadi orang yang lebih bijak, orang yang memiliki kejelasan lebih tentang apa yang akan mereka harus lakukan dalam hubungan berikutnya," kata Sherman.

Jadi, lanjut Winter, jika Anda sudah mulai bersemangat untuk bertemu orang baru, itu tandanya Anda siap untuk memulai lagi hubungan baru.

"Jika Anda reaktif, takut, sakit hati, atau murung karena sakit hati, itu sebaliknya, Anda tidak siap untuk berkencan lagi," kata Winter.

Apalagi, meski sudah lama putus hubungan, dan Anda tetap masih mencari tahu tentang mantan, masih menyimpan kenangan dan foto si Dia, ini bisa jadi tanda, Anda belum juga siap memulai hubungan baru.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk melupakan mantan Anda tergantung pada banyak faktor, termasuk seberapa lama dan seriusnya hubungan itu, seberapa parah perpisahan itu, dan bagaimana Anda memproses hal-hal itu.

"Kebanyakan orang mungkin menunggu setidaknya sebulan jika mereka memiliki hubungan yang setidaknya beberapa bulan lamanya," kata Sherman.

"Jika itu adalah hubungan yang lebih signifikan maka mereka mungkin membutuhkan waktu lebih lama, seperti tiga bulan atau lebih untuk mulai berkencan lagi."

Sherman kembali menegaskan, selama Anda memberi diri Anda cukup waktu untuk mengevaluasi perasaan emosi secara efektif, tentu ini tak akan butuh waktu lama bagi Anda menata hidup baru.

"Setiap perpisahan berbeda. Bagaimana Anda memproses dan mengemas masa lalu Anda adalah resep terbaik untuk masa depan romantis yang sukses dan bahagia," ujar Sherman. (msf)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya