5 Bahan Dapur Ini Mampu Meluruhkan Lemak Tubuh

Ilustrasi cuka apel.
Sumber :
  • Istimewa/Vegan Kitchen

VIVA – Menurunkan berat badan membutuhkan usaha. Tetapi, jangan sampai proses menurunkan berat badan membuat Anda frustasi.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Seringkali, beragam usaha yang dilakukan tak membuahkan hasil. Tapi tak perlu gusar, karena sesungguhnya ada cara mudah dan simpel yang bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Memafaatkan bahan-bahan dapur yang ada di rumah, ternyata bisa lho untuk mengikis lemak tubuh. Apa sajakah bahan-bahan dapur tersebut? Berikut seperti dilansir laman Brightside:

Mau Perawatan Menyeluruh dari Wajah Sampai Tubuh? Ini Pilihannya

Cuka apel

Mengonsumsi cuka apel ternyata bisa membantu meluruhkan lemak di tubuh. Penyanyi Katy Perry bahkan rutin mengonsumsinya setiap hari. Bukan tanpa alasan, Perry menyukainya. Cuka apel membantu membuat orang merasa kenyang sehingga melewatkan masa 'ngemil' yang biasanya tak terkendali. Ini juga efektif untuk menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh. Karena cuka apel mengandung 5-6 persen asam asetat yang membantu menstabilkan kadar gula.

Olahraga saat Puasa Sampai Keluar Keringat Gobyos Tanda Banyak Lemak Terbakar? Ini Kata Ahli

Agar terbiasa mengonsumsi cuka apel, masukkan satu sendok teh cuka apel dalam segelas air dan minum setiap hari sebelum tidur.

Jahe

Ingin membuang lemak tanpa kehilangan massa otot atau air, jahe adalah juaranya. Jahe memiliki sesuatu yang disebut efek thermogenic dalam tubuh yang bisa meningkatkan sirkulasi yang memicu peningkatan suhu tubuh. Hal ini mendorong proses pencernaan sehingga bisa membakar kalori tanpa harus berupaya keras. 

Agar rasa jahe lebih nikmat, bisa dicampur dalam teh, atau tambahkan dalam makanan jika jahenya berbentuk bubuk.

Ilustrasi jahe.

Minyak kelapa

Selain mengandung asam lemak yang baik untuk tubuh, minyak kelapa juga membantu mempercepat metabolisne sehingga meningkatkan kemampuan untuk membakar lemak, yang mampu membantu mengurangi berat badan.

Caranya dengan mengganti penggunaan minyak sayur dengan minyak kelapa. Bisa juga tambahkan pada oatmeal, smoothie, atau ganti krim kopi dengan minyak kelapa.

Madu

Madu bisa membantu mengurangi berat badan. Karena tidak bikin gemuk, madu bisa dijadikan sebagai pengganti gula. Dengan madu, keinginan makan seseorang bisa teredam. Hal ini karena gula biasanya akan membuat tubuh ingin selalu makan meski sebenarnya tubuh tidak membutuhkannya. Sementara madu justru mengatur selera makan. Tambahkan madu ke dalam kopi atau teh, smoothie, yogurt, granola, atau salad.

Cherry

Kandungan tinggi melatonin di dalam buah ini adalah kunci untuk mendapatkan tidur yang sehat. Tidur mungkin terlihat tak begitu penting dalam penurunan berat badan, tapi sebenarnya ini sangat penting dan berpengaruh untuk mengurangi berat badan. Hal ini lantaran jika tubuh tidak cukup tidur, akan mendambakan makanan tinggi kalori. Untuk itu, konsumsi buah cherry beberapa jam sebelum tidur. (fin)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya