Awas, Olahraga Berlebih Bisa Ancam Nyawa

Ilustrasi wanita cantik.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Mereka yang rajin berolahraga pastinya memiliki tubuh yang sehat, bugar dan bahkan bisa memiliki usia yang panjang. Tak jarang, banyak orang berlomba-lomba untuk rajin berolahraga, mulai dari olahraga yang ringan hingga berat.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Namun, tahukah Anda bahwa olahraga berlebihan dapat menyebabkan kematian? Ya, nyatanya olahraga jika dilakukan secara berlebihan dapat mengancam nyawa Anda.

"Olahraga berlebihan bisa memicu perbesaran jantung. Jika perbesaran jantung ini menimbulkan kelainan, maka berisiko terhadap serangan jantung," ujar spesialis kedokteran olahraga, dr. Zaini K. Saragih Sp.KO, dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Selasa, 4 Desember 2018.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Tak hanya itu, olahraga berlebihan juga bisa menyebabkan cedera lutut, khususnya pada mereka yang berat badannya berlebih atau indeks massa tubuhnya di atas 30. Bahkan, olahraga berlebih juga dapat memicu hormon stres dan mengganggu konsentrasi.

"Jika hormon stres timbul, otomatis mood dan mental terganggu serta sulit konsentrasi," ucapnya.

Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

Oleh sebab itu, disarankan untuk memahami kondisi tubuh sebelum berolahraga. Apalagi jika ingin berolahraga dalam waktu lama dan intens, sebaiknya menjalani proses check up terlebih dahulu untuk mencegah bahaya kesehatan yang mengintai.

"Agar olahraga tidak berlebihan, sebaiknya cukup olahraga maksimal 20 jam selama seminggu," kata Zaini. (csr)

Sakit pinggang.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Sakit leher dan sakit pinggang kerap dikeluhkan oleh pekerja kantoran. Beberapa penyebabnya di antaranya terlalu banyak duduk, terlalu banyak menatap layar komputer.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024