Awas, Begadang Bisa Picu Diabetes Tipe 2

Ilustrasi bekerja.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Orang yang suka begadang, sering dianggap sebagai orang sukses, sebut saja Bob Dylan, Fidel Castro, J.R. R Tolkien, dan Mao Zedong. Padahal secara medis begadang sangat berbahaya.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Sebuah tinjauan internasional telah menandai risiko kesehatan yang terkait dengan tidur terlalu larut. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Nutrition itu melakukan penelitian ekstensif secara khusus untuk memahami hubungan antara ritme sirkadian dan pola makan yang disebut chrono-nutrisi dan kesehatan kardiometabolik secara keseluruhan.

Mengingat gaya hidup modern yang kacau dan terburu-buru, pola makan dan tidur mungkin sering terganggu. Menurut Health News, gangguan ini dapat mengubah proses metabolisme siklis, seperti kontrol glukosa, metabolisme lipid, dan tekanan darah.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Menghubungkan kebiasaan makan dengan kebiasaan tidur, tim peneliti juga menemukan bahwa individu yang sering begadang cenderung memiliki pola makan yang kurang sehat. Mereka lebih cenderung mengkonsumsi lebih sedikit sayuran dan biji-bijian dan juga memiliki makanan yang lebih berat selain makan lebih jarang. 

Penelitian menetapkan orang yang suka begadang 2,5 kali lebih mungkin untuk memiliki diabetes tipe-2. Menurut para peneliti, menjadi begadang bahkan dapat memengaruhi cara seseorang mengelola diabetes mereka. 

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

"Ulasan kami juga menemukan bahwa orang yang memiliki kontrol diabetes yang lebih buruk lebih cenderung suka bangun hingga larut malam," kata Suzana Almoosawi, pemimpin peneliti penelitian. 

Ia menjelaskan, karena orang yang suka begadang suka makan di kemudian hari, kadar glukosa meningkat tepat sebelum tidur. Ini bertentangan dengan proses biologis reguler tubuh dan dapat memengaruhi metabolisme. 

Ilustrasi diabetes.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Beberapa penyakit yang timbul atau kambuh selepas Lebaran biasanya adalah diabetes, kolesterol, gangguan pencernaan, hipertensi, asam urat, hingga masalah lambung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024