Kebiasaan Gemeretakkan Gigi saat Tidur Bisa Fatal

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bruxism adalah kondisi di mana seseorang menggemeretakkan gigi secara tidak sadar saat tidur. Bruxism dianggap sebagai salah satu gangguan tidur. Orang-orang yang menggertakkan giginya saat tidur biasanya juga memiliki kelainan-kelainan saat tidur lainnya, seperti mengorok dan sleep apnea.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Bruxism ringan memang tidak memerlukan perawatan atau pengobatan lebih lanjut. Akan tetapi, untuk beberapa kasus, bruxism bisa sampai menyebabkan kelainan dagu, sakit kepala, merusak gigi dan masalah-masalah lainnya.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Hal-hal apa saja yang memicu seseorang bruxism saat tidur? Semuanya akan dibahas secara mendalam bersama Prof. drg. Laura Susanti Himawan Sp.Pros dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis, 6 Desember 2018 pukul 13.00 WIB.

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Selain topik tersebut, akan dibahas pula soal mitos dan fakta seputar kentang bersama dr Ida Gunawan M.S, SpGK (K). Salah satunya kentang disebut mengandung senyawa racun yang mematikan dan jika dimasak berkali-kali akan memicu penyakit kanker.

Dipandu oleh dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan Indra Bekti, saksikan Ayo Hidup Sehat di sini.

4 Herbal Tepat Cegah Gangguan Lambung Saat Puasa
Ilustrasi rambut rontok.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Diet yang benar adalah diet yang seimbang mulai dari gizi dan kandungan nutrisinya. Diet bisa sebabkan rambut rontok.

img_title
VIVA.co.id
7 September 2021