Terkuak Penyebab Kemoterapi Picu Kerontokan Rambut

Ilustrasi rambut botak
Sumber :
  • Pixabay/ klhh

VIVA – Pengobatan kemoterapi banyak digunakan oleh dokter untuk mengatasi kanker. Namun, pengobatan itu menyebabkan efek samping dari kemoterapi yang bisa membuat rambut rontok.

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Spesialis penyakit dalam, dr. Jeffry Tenggara, Sp.PD-KHOM mengatakan, semua jenis pengobatan pada beragam penyakit pastinya memberi efek samping. Tak terkecuali pada pengobatan kemoterapi ini yang menjadi primadona pada perawatan kanker.

"Kemoterapi sama seperti pengobatan lain yang memiliki efek samping, salah satunya rambut rontok. Tapi, kemoterapi memiliki efek pengobatan yang lebih baik untuk kanker," ujar dokter onkologi di Siloam Hospitals dalam keterangannya, Kamis 6 Desember 2018.

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

Pada umumnya, kemoterapi dijalani dengan pemberian zat kimia ke dalam tubuh pasien melalui berbagai cara guna mematikan sel kanker. Zat kimia tersebut yang nantinya membuat perkembangan kanker mereda sekaligus membuat rambut menjadi rontok.

"Prinsipnya, kemoterapi itu menyerang sel-sel yang tumbuhnya cepat. Makanya, sel kanker yang memiliki sifat pertumbuhan jaringan yang cepat, bisa diobati dan dikontrol dengan kemoterapi," ujarnya.

Meninggal Dunia, Hilbram Dunar Ternyata Berjuang Melawan Kanker Sejak Tahun Lalu

Berdasarkan prinsip tersebut, sel-sel di tubuh yang juga bereproduksi dengan cepat, terkena efek dari kemoterapi. Sehingga, pertumbuhannya langsung dimatikan oleh zat kimia kemoterapi.

"Efek kerja kemoterapi itu kena ke jaringan yang juga tumbuhnya cepat seperti sel kanker, yaitu ke rambut dan kulit," ucap dia. (ldp)

Aldi Taher

Blak-blakan, Aldi Taher Ungkap Rahasia Sembuh dari Kanker

Kisahnya menginspirasi banyak orang, Aldi Taher pun menuturkan bahwa doa dan kasih sayang keluarga adalah kekuatan yang tak terhingga dalam menghadapi cobaan hidup.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024