Kenali Perbedaan Kemoterapi dan Radiasi untuk Pasien Kanker

Pemeriksaan Kandungan dan Kanker Serviks
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Ketika seseorang sudah terdiagnosa kanker, maka treatment yang tepat harus segera dilakukan baik dalam bentuk operasi, kemoterapi, radiasi maupun lainnya. Operasi bisa dilakukan dalam kasus-kasus tumor jinak, sedangkan kemoterapi dapat dilakukan tanpa maupun dengan pengobatan lainnya.

Ungkap Idap Kanker, Kate Middleton: Suami dan Anak-Anak Adalah Sumber Kekuatan Saya

Kemoterapi digunakan untuk mengobati kanker, mengurangi kemungkinan kambuhnya sel kanker, menghentikan atau menghambat pertumbuhan sel kanker, serta mengurangi gejala atau efek samping dari kanker. Tetapi, kemoterapi dapat juga digabungkan dengan pengobatan lain seperti radiasi.

"Contohnya, kemoterapi dapat diberikan untuk memperkecil tumor sebelum tindakan radiasi atau diberikan setelah operasi atau terapi radiasi untuk menghancurkan sel kanker yang masih tersisa," ujar spesialis penyakit dalam, dr. Jeffrey Tenggara, Sp.PD-KHOM, dikutip dari siaran pers Siloam Hospital Kebon Jeruk Jakarta, Kamis 6 Desember 2018.

Didiagnosis Kanker Pasca Operasi, Kate Middleton Jalani Kemoterapi

Pemberian kombinasi kemoterapi dengan radiasi, biasanya pada kanker yang bersifat padat seperti kanker payudara. Sehingga, tujuan kemoterapi hanya sebagai radiosensitizer atau 'bahan bakar' dari radiasi.

"Kemo itu pemberian obat atau senyawa kimia dan radiasi adalah proses penyinaran di bagian kankernya. Dengan adanya senyawa kimia dari kemo, proses penyinaran radiasi akan maksimal untuk membunuh sel kanker tersebut," ungkap dia.

Kate Middleton Umumkan Idap Kanker

Adapun jenis pengobatan kemoterapi yang bisa dilakukan dengan berdiri sendiri tanpa kombinasi radiasi. Biasanya ini dilakukan pada kanker yang bersifat cairan yaitu kanker darah.

"Setelah terdiagnosis kanker darah atau leukimia, maka pengobatan hanya dengan kemoterapi. Tidak ada pengobatan lain seperti operasi untuk atasi leukimia," terangnya.

Kate Middleton umumkan idap kanker

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

"Operasi saya berhasil. Namun tes pasca operasi menunjukkan adanya kanker. Oleh karena itu, tim medis menyarankan agar saya menjalani kemoterapi preventif," kata Kate.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024