Jangan Anggap Sepele, 5 Penyakit Berbahaya Ini Dimulai dari Batuk

Ilustrasi batuk
Ilustrasi batuk
Sumber :

VIVA – Hampir setiap orang pernah mengalami batuk dalam hidupnya. Umumnya batuk terjadi karena tenggorokan gatal, dan juga salah satu gejala dari pilek dan flu. Kebanyakan orang kerap mengabaikannya dan menganggap akan sembuh dengan sendirinya. 

Tapi kapan sebaiknya kita harus khawatir terhadap batuk yang kita alami? Pada penyakit serius seperti asma, tuberkulosis, dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), batuk sering menjadi indikasi pertama bahwa ada sesuatu yang salah secara serius. Berikut adalah lima kondisi berbahaya yang yang dimulai dari batik. 

1. Kanker paru-paru

Semua tahu bahwa merokok merupakan faktor risiko besar untuk mengembangkan kanker paru-paru. Bahkan perokok pasif juga dapat berisiko. Kanker paru-paru dimulai ketika sel-sel abnormal tumbuh di dinding bronkus. Batuk dapat menjadi tanda kanker dan disebabkan oleh penonjolan intrabronkial tumor. 

Penelitian dari Universitas Sheffield Hallam menunjukkan bahwa seorang harus pergi ke dokter jika batuk  bertahan selama lebih dari tiga minggu. Pada penderita stadium lanjut batuk akan cenderung  darah, yang merupakan indikator mendesak bahwa Anda harus mendapatkan perhatian medis.

2. Cystic fibrosis

Cystic fibrosis adalah penyakit turunan yang ditandai oleh lendir lengket abnormal dan kental yang mencegah organ seperti paru-paru dan pankreas bekerja dengan benar.

Halaman Selanjutnya
img_title