Gigi Goyang Tanpa Sebab, Waspada Kanker Mulut

Ilustrasi gigi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Gigi yang goyang tanpa sebab bukan berarti hanya masalah gigi biasa saja. Sebab, ada kemungkinan besar terjadinya kanker mulut yang mengintai kondisi tersebut.

10 Penyebab Gigi Ngilu dan Goyang, Salah Satunya Kehamilan!

Insiden kanker mulut di Indonesia memang belum sebesar kasus kanker payudara mau pun kanker paru-paru. Meski begitu, Riset Kesehatan Dasar 2018 mencatat adanya kenaikan kasus kanker mulut menjadi 5,6 persen.

"Kasus kanker mulut makin meningkat karena banyak gejala yang diabaikan. Salah satunya saat gigi bergoyang tanpa sebab, bisa tumbuh kanker di bagian jaringan peridontalnya atau bagian bawah gigi tersebut," ujar Ketua Persatuan Dokter Gigi  Indonesia (PDGI), Dr. drg. R. M. Sri  Hananto Seno, Sp.BM (K)., MM, dalam temu media Samuri (Sadari Mulut Sendiri) di kawasan Gondangdia, Jakarta, Kamis 13 Desember 2018.

Ternyata, Ini Penyebab Anak Demam Saat Tumbuh Gigi

Menurut Seno, hal ini sangat jarang disadari sehingga insiden kanker mulut kian banyak terjadi. Selain itu, sariawan yang sulit sembuh juga patut diwaspadai sebagai salah satu gejala paling umum pada kanker mulut.

"Jika sariawan tidak sembuh selama 2 sampai 4 minggu, sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk memastikannya," ungkap Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia (ISPMI), Drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD, di tempat yang sama.

Kena Kamera Jahat, Giliran Bagian Tubuh Kaesang Pangarep Kena Nyinyiran: Ya Ampun Kok Gitu Sih

Kedua gejala tersebut sudah termasuk ke dalam lesi pra kanker mulut atau perubahan yang terjadi sebelum kanker. Di mana terdapat perubahan yang sangat jelas berupa warna dan bentuk serta tekstur pada gigi dan mulut yang sebenarnya bisa dikenali sejak dini.

"Kalau bisa menangkap dan mengenali lesi pra kanker ini di awal, bisa menolong 65 persen pasien kanker mulut. Sayangnya gejala itu sering dianggap remeh karena merasa bisa sembuh sendiri," kata dokter Rahmi.(zzo)

Ilustrasi Scaling Gigi

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

Scaling gigi merupakan prosedur pembersihan gigi yang bertujuan untuk mengangkat plak dan karang gigi yang menumpuk pada permukaan gigi dan di bawah garis gusi.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024