Pisang Berbahaya Dikonsumsi untuk Penderita Ginjal

Buah pisang
Sumber :
  • Pixabay/DorianKrauss

VIVA – Sebagai buah yang tumbuh di 107 negara dan mewakili salah satu hasil panen paling bernilai secara global, perlu kita kulik lebih dalam tentang buah yang satu ini.

Viral Kebun Pisang Rusak Parah, Sang Pemilik Marah Gegara Acara Motor Trail

Terlepas adanya fakta bahwa buah ini penuh kandungan menyehatkan seperti kalium, serat, vitamin C, dan B6, ternyata buah ini tidak direkomendasikan untuk semua orang. Dilansir HhdResearch, ketahui lima fakta yang terjadi pada tubuh jika mengonsumsi pisang berlebih.

Kalium

Idris Sandiya Dapat Hadiah Pisang saat Blusukan ke Jatisampurna

Ini merupakan nutrisi penting yang ditemukan di setiap sel dalam tubuh digunakan untuk menggerakkan muatan listrik yang menjaga sel berfungsi dengan benar. Ini juga membantu detak jantung normal, memicu pelepasan insulin untuk mengontrol gula darah, dan mendukung tekanan darah secara optimal.

Orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi 3.500 hingga 4.700 miligram (mg) kalium per hari, tergantung pada gaya hidup dan faktor lain. Rata-rata pisang mengandung 450 mg nutrisi penting ini.

Sandiaga Uno Hadiri Pelatihan Bikin Kripik Gedebog Pisang di Bogor

Menurunkan risiko kanker

Makan banyak buah dan sayuran segar secara keseluruhan menurunkan risiko kanker karena makanan ini kaya nutrisi tanpa tambahan garam, gula atau pengawet buatan dan pewarna makanan. Pisang adalah sumber vitamin C yang baik, yang juga membantu menurunkan risiko kanker akibat radikal bebas. Kandungan tinggi seratnya juga mengurangi risiko kanker kolorektal.

Mendorong kesehatan jantung

Mendorong kalium ketika sodium diproduksi adalah perubahan paling penting yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko gangguan kardiovaskular. Salah satu studi mengindikasikan bahwa orang yang mengonsumsi setidaknya 4.069 mg kalium per hari memiliki risiko 49 persen lebih rendah dari gangguan jantung iskemik dibanding mereka yang mengonsumsi kurang dari 1.000 mg.

Meringankan gangguan perut

Dokter masih merekomendasikan BRAT diet yaitu Pisang, Beras, Applesauce, dan Roti untuk orang yang mengalami gangguan pencernaan. Tidak hanya pisang yang mudah dicerna, mereka juga menggantikan elektrolit penting seperti kalium yang hilang dalam jumlah besar saat diare.

Orang yang dilarang makan pisang setiap hari

Meski sehat, ada loh orang yang dianjurkan untuk tidak mengonsumsi pisang secara rutin, yaitu mereka yang mengalami masalah jantung atau ginjal. Selain itu, konsumsi pisang berlebih bisa memicu migrain pada orang yang rentan pada pisang, jadi tetap konsumsi setengah saja buah pisang jika ingin. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya